Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
CSR

Telkom IndiSchool-Smart efisiensikan sytem belajar siswa 

LENSAINDONESIA.COM: Telkom IndiSchool yang diluncurkan tahun 2013 lalu yang mulanya fokus pada penyediaan akses wifi di sekolah-sekolah, kini berhasil memasang lebih 23.000 sekolah tersebar di Indonesia. Program tersebut dikembangkan menjadi IndiSchool-SMART (Sistem peMbelajaran dengan Akses Real digiTal) dimana layanan tak lagi berbatas pada connectivity saja namun dikombinasikan dengan penyediaan content dan pengelolaan community.

“Telkom sangat concern dalam mendukung dunia pendidikan, mulai dari penyediaan akses konektivitas internet hingga konten aplikasi pendukungnya,” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin pada saat launching Implementasi IndiSchool SMART di SMAN 71 Duren Sawit, Jakarta Timur, Jum,at (08/05/2015).

Awaluddin menambahkan, konsep 3C jadi pijakan Telkom dalam mengembangkan dunia pendidikan. Connectivity, yang sudah terpasang di 23.000 sekolah dengan aksesibilitas wi-fi hingga 10 MBps per-sekolah. Dalam setahun, jumlah usage dan user makin meningkat sehingga menuntut Telkom untuk menyediakan Content yang lebih kaya, lebih menarik dan bermanfaat bagi siswa didik.

Lalu untuk Community, atas penyediaan akses internet, Wi-Fi IndiSchool didukung tarif yang hanya Rp. 1.000 per 24 jam sehingga membentuk komunitas pengguna yang menikmati langsung kemudahan dan kenyamanan akses IndiSchool tersebut.

“Sebagai contoh, selain akses Wi-Fi IndiSchool yang terpasang di sekolah-sekolah, kami juga memasang fasilitas yang sama di perpustakaan daerah bekerjasama dengan Coca-Cola Foundation atau yang dikenal dengan program PerpuSeru, yang hingga saat ini telah dinikmati 5.043 pelaku komunitas UKM daerah. Apalagi di sekolah-sekolah, jumlah angka komunitas yang menikmati telah mencapai sekitar 1 jutaan orang,” tandas Awaluddin.

Telkom juga meluncurkan Mading Elektronik yang disebut WallMagz di SMAN 71 Jakarta di hari yang sama. Adanya WallMagz, pihak siswa tak perlu lagi menempelkan karya-karyanya di majalah dinding sekolah, namun tinggal upload karya tersebut langsung bisa dinikmati oleh sekolah lain. IndiSchool juga menyiapkan aplikasi Qbaca dan layanan video conference belajar jarak jauh yang memungkinkan digunakan sekolah dalam program IndiSchool Smart ini.@Eld

Baca Juga:  Keputusan Menag 982 tahun 2019 mengundang polemik, ini kata Ketua Harian Halal Institute