LENSAINDONESIA.COM: Kongres Partai Demokrat ke IV di Surabaya dimulai. Acara pertama yakni pembukaan dibuka tepat pukul 19.30 WIB di Hotel Shangri-La, Jalan Mayjend Sungkono Surabaya.

Ratusan peserta dan undangan telah berkumpul. Tampak deretan tempat duduk paling depan diisi para tokoh Demokrat seperti Ketum, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan istri, Sekjen Partai Demokrat Edie Baskoro Yudhoyono  (Ibas), Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo dan  Ketua Steering Committe (SC) Kongres Syarief Hasan.

Di deretan itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) duduk tepat disamping kiri Ketum Partai Demokrat SBY.

Kemudan disebelah Jokowi ada mantan Wapres RI Boediono, Ketua MPR RI yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan dan sejumlah pimpinan partai politik diantaranya dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH) seperti Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Sekjen PDIP Erico Sotarduga, Ketum Hanura Wiranto, Ketum PPP versi Romahhurmuziy, Ketum PKPI Sutiyoso dan Ketum Partai Golkar versi Agung Laksono.

Pantauan LICOM, acara diisi pertama oleh sambutan Sekjen sekaligus Ketua Panitia Kongres Ibas. Kemudian disusul pidato Ketum Partai Demokrat SBY yang langsung mengucapkan terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi.

“Terima kasih Bappak Presiden Jokowi telah menyempatkan hadir di Kongres ini. Saya tahu bapak baru saja kujungan ke luar negeri dan masih meneyempatkan diri mengahdiri undangan kami. Terima kasih banyak. Saya tahu rasanya bagaimana padatnya jadwal presiden seperti saya saat menjabat Presiden RI,” ujarnya disambut tawa dari para peserta dan undangan.@ridwan_LICOM