LENSAINDONESIA.COM: Ketua DPP Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat (FKPD PD), Willem Frans Ansanay mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dapat melakukan perubahan yang lebih baik lagi bila mendapat dukungan dari seluruh pihak, termasuk Partai Demokrat.

Pria yang akrab disapa Wilfa itu mengungkapkan, dalam Kongres Partai Demokrat IV yang diselenggarakan di Surabaya 11-14 Mei 2015 lalu, selain lima agenda utama Partai Demokrat untuk membangun kejayaan partai demokrat, sebagai Ketua Umum terpilih SBY juga menyatakan siap memberikan solusi untuk pemerintahan Joko Widodo terhadap setiap masalah yang dihadapi bangsa Indonesia.

“Jika rekomendasi ini dijalankan secara bersama-sama, niscaya Presiden Joko Widodo dapat melakukan perubahan yang lebih baik lagi,” katanya saat dihubungi lensaindonesia.com di Jakarta, Jumat (15/05/2015)

Menurut pandangan Wilfa, 10 rekomendasi yang diberikan oleh SBY kepada Presiden Jokowi merupakan bukti bahwa Partai Demokrat peduli akan permasalahan yang dihadapi bangsa dan menginginkan Indonesia menjadi lebih baik.

“Karna itu, Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat telah menginstruksikan kepada seluruh kader yang tersebar diseluruh Indonesia untuk mendukung dan mengamankan program ketua umum terpilih guna mengembalikan kejayaan Partai Demokrat pada 2019 dan membantu pemerintah dalam melaksanakan tugasnya sesuai intruksi Ketum FKPD PD Vence Rumangkang,” pungkasnya.

Dalam penutupan Kongres IV Partai Demokrat di Surabaya, Rabu (13/5/2015) malam lalu, Ketum Demokrat SBY, mengajak seluruh kadernya untuk bersatu lagi dalam membangun kejayaan partai agar kembali bangkit dan menang dalam Pemilu 2019 mendatang.

Dalam kepemimpinannya periode 2015-2020, Partai Demokrat telah menyusun sejumlah program utama untuk merangkul para kader demi memajukan partai berlambang segitiga mercy tersebut. “Ada lima agneda utama Partai Demokrat lima tahun ke depan. Ini khusus saya tujukan untuk jajaran Partai Demokrat di tanah air dan perwakilan di luar negeri,” ujarnya.

Pertama, modernisasi Partai Demokrat baik fisik, sistem dan teknologi informasi termasuk pembinaan regenerisasi dan peningkataan kapasitas kader. Kedua, pelatihan kader Partai Demokrat selama 3-8 minggu dengan sasaran 5000 kader baik pusat dan daerah selama lima tahun ke depan.

Ketiga, Partai Demokrat terus peduli dan akan selalu memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi Indonesia dengan tema `Partai Demokrat Peduli dan Beri Solusi` yang akan dilakukan melalui kader di jajajaran eksekutif, legislatif, juga organisasi partainya. Keempat, menyukseskan pemilihan calon kepala daerah dengan mengutamakan kader sendiri.

Kelima, menjalankan Pilkada langsung dengan perbaikan sesuai Perppu usulan Presiden SBY serta ikut mensukseskan Pemilu 2019. “Sasaran Partai Demokrat berjaya kembali di Pemilu 2019 tentunya dengan melaksanakan politik cerdas dan beretika, bukan dengan cara buruk dan siap berkompetisi dengan cara yang sehat,” imbuh SBY.

Kongres IV Partai Demokrat yang digelar di Surabaya 11-13 Mei 2015 ini menghasilkan Ketua Umum baru yakni SBY untuk masa bakti lima tahun mendatang. Pengangkatan Ketum terpilih ini juga telah disahkan lewat surat keputusan (SK) Nomor 10 Kongres Partai Demokrat yang ditandatangani pimpinan sidang, yaitu Ketua EE Mangindaan, Sekretaris Amir Syamsuddin dan lima anggota lainnya.

Selanjutnnya, Ketum SBY diberikan mandat untuk membentuk tim formatur dalam memilih susunan pengurus Partai Demokrat periode 2015-2020.@oddy