LENSAINDONESIA.COM: Setelah empat warga negara Indonesia (WNI) asal Lampung Timur, masing-masing SN, SD, SJ dan KN lolos dari hukuman mati di Malaysia, Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia, Herman Prayitno, mengingatkan masih ada 161 WNI terancam hukuman mati di negeri tetangga tersebut.

“Masih 161 WNI terancam hukuman mati atas tuduhan berbagai kasus pidana. KBRI akan berupaya maksimal melakukan bantuan hukum atas berbagai kasus tersebut,” tegas Herman Prayitno melalui siaran persnya, Sabtu (16/5/2015).

Bila nanti empat WNI yang urung dihukum mati berhasil dibebaskan maka total jumlah WNI yang berhasil diupayakan bebas dari hukuman mati di Malaysia sejak 2009 berjumlah 221 orang. Terdiri dari 91 orang bebas murni dan 130 orang turun hukuman menjadi hukuman penjara. “Sepanjang tahun 2015, Perwakilan RI di Malaysia telah membebaskan 11 WNI dari hukuman mati,” papar Herman Prayitno.

Karena itulah Herman Prayitno menekankan perlunya mengupayakan peningkatan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai hukum yang berlaku di Malaysia. “Kita harus melibatkan pemangku kepentingan utnuk memaparkan aturan hukum yang berlaku di Malaysia agar hal semacam ini tak terus terulang,” pungkasnya. @andiono