LENSAINDONESIA.COM: Hingga hari kedua, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Garut, Jawa Barat berlangsung lancar.

Sebanyak 51 ribu siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Garut, Jawa Barat, sejak Senin (18/5/2015), mengikuti Ujian Nasional (UN).

Berdasarkan pantauan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, sampai hari kedua ini tidak ada kendala berarti. UN yang diikuti 51 ribu siswa ini berjalan sesuai dengan rencana.

“UN berjalan lancar dan tertib. Bahkan tidak ada satu orang Guru atau petugas yang bisa memasuki ruang ujian. Hanya pengawas saja yang ada di dalam ruangan. Hal ini mengacu pada aturan yang diterapkan pemerintah pusat,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Cecep Firmansyah saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/05/2015).

Cecep merinci, sebanyak 51 ribu peserta UN tersebut terdiri dari 2 ribu Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 500 peserta Sekolah Dasar Swasta, sedangkan sisanya adalah Peserta Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan peserta paket A.

Dikatakannya, pihak Dinas Pendidikan Garut, dalam mendistribusikan naskah Ujian, di titikan di setiap Kantor UPTD yang ada di Kecamatan. Dimana ada 42 titik pusat pendistribusian. Sedangkan untuk penyerahan lembar jawaban (LJ), pihaknya menerima setelah proses ujian selesai dimana akan diterima Dinas pada hari Rabu sore (20/5/2015).

Diakuinya, dalam pendistribusian naskah dan pengembalian Lembar Jawaban, pihaknya melibatkan pihak kepolisian. Dimana hal ini untuk menjaga kerahasiahan dokumen Negara.@taufiq_akbar