LENSAINDONESIA.COM: DPD Partai Demokrat Sulteng melakukan penjaringan calon kepala daerah yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas.

“Calon yang akan diusung oleh partai demokrat adalah calon yang sudah mengikuti beberapa tahapan atau sudah mendapat dukungan dari Partai Demokrat dan DPD PD Sulawesi Tenggara,” kata Ketua Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat (FKPD PD) Poso Jimmy Tompodung.

Menurut Jimmy, setiap calon yang akan maju dalam Pilkada di Sulteng harus mengikuti tata cara yang diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan direkomendasikan oleh partai.

Tahapan pelaksanaan yang dilakukan Pokja Pilkada DPD Partai Demokrat, kata Jimmy, dimulai dari pendaftaran,verifikasi berkas administrasi calon, psikotes, pemaparan visi misi serta tes kesehatan. “Karena itu merupakan bagian dari UU dan aturan KPU. Dan kami sudah menyampaikan kepada seluruh pengurus DPC Sulteng,” bebernya.

“Jadi, calon bupati di Sulteng yang mendaftar disetiap kabupaten harus mengikuti pelaksanaan/tahapan sebagaimana yang diatur oleh Pokja Pilkada DPD Partai Demokrat Sulteng. Bisa dikatakan sebagai produk pokja,” tutupnya. @oddy