LENSAINDONESIA.COM : Jelang bulan Ramadhan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Jombang mengalami kenaikan. Sejumlah komoditas bahkan mengalami kenaikan secara signifikan terutama harga beras,
gula, dan minyak.

Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok sendiri berkisar antara Rp1.000 hingga Rp2.000. Harga daging ayam di Pasar Pon Jombang dari harga Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu. Harga beras berkualitas mengalami kenaikan Rp 1000 per kilogramnya. Harga gula dan minyak goreng juga mengalami kenaikan yang sama, dari Rp10.000 menjadi Rp 12.000, dan minyak goreng dari Rp9.000 menjadi Rp11.000.

Menyikapi hal ini, Pemkab Jombang berencana melakukan operasi pasar untuk menekan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok.

“Pemerintah Kabupaten Jombang akan melakukan operasi pasar, jika dalam dua atau tiga hari terjadi lonjakan yang tidak wajar. Dan Pemkab akan mengajukan surat ke Bulog setempat agar segera digelar operasi beras murah,” kata Bupati Jombang Nyono Suharli, di sela-sela pemberian sembako di Desa Surobayan, Tengaran, Kecamatan Peterongan, Selasa (9/6/2015).

Bupati juga meminta masyarakat agar tidak khawatir terhadap kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok, karena kenaikan harga tersebut masih dalam tahapan wajar.@obie