LENSAINDONESIA.COM: Insiden jatuhnya pesawat Hercules tipe C-130, pada Selasa (30/6/2015), di Medan, Sumut, mengundang simpati seluruh warga. Presiden Jokowi pun ikut nimbrung mengucapkan rasa belasungkawa terhadap keluarga korban.

Lewat akun sosmed twitternya, @jokowi, tertulis dua status yang diketik Jokowi langsung, yang bisa dilihat dari tanda ‘Jkw’ di akhir kalimat. “Saya dan keluarga berbela sungkawa atas musibah jatuhnya pesawat Hercules C-130. Semoga keluarga diberikan kesabaran dan kekuatan -Jkw,” katanya.

“Evakuasi korban pesawat Hercules harus diutamakan. Selanjutnya evaluasi usia pesawat dan alutista. Semoga kita dijauhkan dari musibah -Jkw,” ujar Jokowi.

Ternyata, kicauan Jokowi tersebut mengundang sorotan dan sindiran beberapa netizen. Itu lantaran Jokowi menulis kata alutista, bukan alutsista yang merupakan kependekan dari alat utama sistem senjata.

Akun ‏@sapulidiku14 me-mention Jokowi untuk mengklarifikasi tentang kata itu. “Ini yang benar ALUSISTA atau ALUTISTA ? @jokowi saya nanya serius pak,mohon petunjuk.”

Akun ‏@tata_irianty juga mempertanyakan Jokowi yang salah menulis alutsista. “Huahaha.. ALUTSISTA pak.. Bukan Alutista.. Ini pasti ngetwitt sendiri ya?? :D.”

Akun @ebithEBITH bertanya kepada Jokowi. “Alutista itu apa pak?”

Eks menteri pemuda dan olahraga (Menpora) Roy Suryo juga ikut menanggapi kesalahan penulisan yang dilakukan Jokowi. Roy bersyukur, Jokowi sudah mengedit tulisan yang salah.

“Tweeps, Alhamdulillah SUDAH DIKOREKSI (setelah 5 Jam jadi “Trending topic” soal kata ALUTISTA 》Seharusnya ALUTSISTA),” ujarnya melalui ‏@KRMTRoySuryo.

redaktur: adrian