LENSAINDONESIA.COM: Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf mengimbau agar pemudik tidak mengendarai kendaraan roda dua (motor) guna menghindari terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan mudik Lebaran.

Menurut Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf, tingkat kecelakaan di jalan selama ini lebih didominasi kendaraan roda dua. Oleh karena itu, mantan Wakabareskrim ini meminta pemudik agar mengurungkan niatnya mengendarai motor dan lebih memilih menaiki bus yang disediakan gratis oleh Pemerintah provinsi. “Kami harap mengurungkan niatnya mudik menggunakan motor, sebab Pemprov Jatim sendiri sudah menyediakan bus untuk mudik Lebaran gratis,” terangnya.

“Kalau ada yang nekat menggunakan roda dua, kami akan kumpulkan dan mengawalnya sampai tujuan. Tentunya dengan sistem beranting,” tambah Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf.

Sementgara terkait pengamanan arus mudik Lebaran, Irjen Pol Anas Yusuf mengatakan dalam Operasi Ketupat Semeru 2015 pihaknya menyiapkan 12 ribu lebih personel yang disebar di seluruh pos keamanan “Dua belas ribu lebih personel disebar di tiap-tiap pos yang ada di Jatim dengan fokus utama pada titik rawan kemacetan, rawan kecelakaan dan rawan kriminalitas,” paparnya

Untuk kriminalitas, personil PAM akan disiagakan di pusat-pusat pertokon, ATM, toko emas, pemukiman warga dan pegadaian. Sementara di Jatim terdapat 233 pos keamanan dan 57 Pos Pelayanan. @rofik