LENSAINDONESIA.COM: Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko didampingiWakil Rektor Universitas
Pertahanan Bidang Umum dan Keuangan Mayjen TNI I Wayan Midhio menyampaikan Kuliah Umum kepada 200 mahasiswa Fakultas Manajemen dan Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan di Auditorium Universitas Pertahanan Indonesia, Sentul, Bogor, Kamis (9/7/2015).

Panglima TNI dalam kesempatan tersebut, berbicara mengenai 10 tren masa depan yang akan berubah dengan ekstrim. Sepuluh tren perubahan ekstrim itu yakni sumber energi, inovasi ekonomi, peningkatan sumber daya manusia, harapan hidup manusia 100 tahun, perubahan iklim, masa depanglobalisasi, ancaman keamanan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang aneh-aneh, masa depan individu dan kebangkitan China.

Indonesia mempunyai sumber daya alam yang berlimpah dan pasti akan habis seiring dengan kebutuhan yang meningkat. Di bidang ekonomi, demokrasi akan mempercepat inovasi, sehingga akan terjadiperubahan drastis pada ekonomi dunia.

“Di bidang peningkatan sumber daya manusia perlu adanya perubahan kurikulum pendidikan, sehingga menjadi kurikulum yang inovatif serta menyiapkan generasi muda dalam menghadapi masa depan yang ekstrim,” ujar Panglima TNI.

Lebih lanjut Jenderal TNI Dr. Moeldoko mengatakan, terkait dengan harapan hidup manusia yang lebih dari 100 tahun, ini disebabkan karena terciptanya inovasi pada teknologi kesehatan. Perubahan iklim akan menjadiancaman bagi keamanan nasional setiap negara, karena antar-negara
akanmemperebutkan sumber air bersih atau kegagalan panen secara masal akibatpeningkatan suhu bumi pada 100 tahun terakhir ini yang sangat drastis.

Dalam bidang masa depan globalisasi, yaitu tentang kolaborasiantar-negara di bidang perdagangan bebas dan tanggung jawab global pada iklim,energi, ekonomi, teknologi, keamanan dan demokrasi. Sedangkan sektor ancamankeamanan, Panglima TNI menyebutkan sebagai ancaman asimetrik yang sangat sulitdiperkirakan.

Di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang aneh, Panglima TNI menyebutkan seperti teknologi nanotech,robot, kloning dan kemajuan teknologi lainnya.

Terkait dengan hal itu,maka ada lima faktor penentu masa depan yang ekstrem, yaitu kecepatan (speed), kompleksitas(complexity), resiko (risk), perubahan (change) dan kejutan (surprise).

Turut hadir pada acara tersebut, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiartha G., Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Fuad Basya, Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI Brigjen TNI Endang Sodik danpara pejabat eselon I, II dan III serta para dosen Universitas Pertahanan. @sita

Autentikasi

Kadispenum Puspen TNI,

Kolonel Czi Berlin G.S.Sos., M.M.