Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
ASIA

Ribuan petani India bunuh diri karena gagal panen 

LENSAINDONESIA.COM: Sekitar 5650 petani India dilaporkan bunuh diri pada tahun 2014 karena gagal panen. Hal itu diungkap Media Times of India seperti dilansir NDTV, kemarin.

Petani bunuh diri paling banyak terjadi di negara bagian Maharashtra dengan 2568 kasus. Negara bagian Telanggana 898 kasus, Madhya Pradesh 826 kasus, Chhattisgarth 443 kasus, Karnataka 321 kasus dan Tamil Nadu 26 kasus.

Jumlah sesunguhnya sangat mungkin jauh lebih besar karena lembaga yang mengurus pertanian di India, NCRB, mendefinisikan petani sebagai orang yang mengusahakan tanah miliknya untuk pertanian, serta yang menyewakan tanah untuk bercocok tanam. Tapi buruh tani atau petani tanpa tanah yang bekerja di lahan orang lain tidak dimasukkan dalam kategori petani.

Terkait masalah itu, Kishore Tiwari, Ketua organisasi advokasi petani di India (Vidarbha Jan Andolan Samitri), menuding NCRB memanipulasi data bunuh diri di kalangan petani dikarenakan sama sekali tidak memasukkan kasus bunuh diri buruh tani dalam catatannya. “Ratusan buruh tani bunuh diri di Maharashtra tapi NCRB tak mencatatnya,” tudingnya. @andiono