Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Kelompok bank sampah mengeluhkan minimnya peralatan yang dimiliki untuk melaksanakan tugasnya mengurangi volume sampah di Kota Kediri. Saat berupaya mengajukan lewat program pemberdayaan desa (Prodamas), usukan langsung ditolak.

Endang, Kabid Kebersihan DKP Kota Kediri, membenarkan adanya keluhan beberapa kelompok bank sampah yang mengajukan kekurangan peralatan dikelompoknya melalui prodamas, namun ditolak oleh tim prodamas. Tim beralasan bahwa program bank sampah sudah dikover oleh DKP terkait dengan anggaran kebutuhan kelompok bank sampah.

“Banyak yang mengeluh bank sampah tidak bisa mengajukan penambahan anggaran pada prodamas dengan berbagai alasan,” kata Endang.

Memang saat ini banyak kelompok bank sampah yang mengeluh karena kekurangan peralatan kerja, di antaranya motor gerobak dan timbangan duduk. Endang juga mengatakan bahwa anggaran yang ada di DKP tidak mungkin bisa mengkover semua kebutuhan bank sampah, padahal kelompok tersebut sangat membantu pengurangan volume sampah.

Sementara itu pihak DKP akan segera menindaklanjuti keluhan kelompok bank sampah dan berjanji akan membahas keluhan tersebut dengan tim prodamas.@andik kartika