Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE DEMOKRASI

Presiden Jokowi tak akan keluarkan Perppu terkait calon tunggal 

LENSAINDONESIA.COM: Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof Dr Jimly Asshiddiqie, mengungkap bahwa dari hasil pertemuan presiden dan penyelenggara pemilu serta jajaran menteri terkait, Presiden Joko Widodo tak akan mengeluarkan Peraturan Pengganti Perundang-Undangan (Perppu) terkait calon tunggal dalam Pilkada Serentak 2015.

“Dari pertemuan dengan Presiden Joko Widodo kemarin, beliau mengatakan tidak akan mengeluarkan Perppu terkiat Pilkada Serentak,” ujar Jimly Asshiddiqie dalam keterangan persnya di Gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (5/8/2015).

Selain itu, dalam tahapan Pilkada Serentak yang semakin pendek, juga tidak memungkinkan untuk merubah Praturan KPU (PKPU). “Juga tidak memungkinkan merubah peraturan yang ada sekarang. Jadi ‘rule of the game’ tidak mengalami perubahan. Sekarang yang ada hanya dengan diskresi, bentuk pelayanan yangg baik, jangan sampai hak politik pemilih tak terlayani, juga melayani calon dan Parpol dengan baik,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut Jimly Asshidiqie, dalam mengatasi masalah calon tunggal saat ini masih menunggu rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). “Semuanya kini masih menunggu rekomendasi Bawaslu,” pungkasnya. @yuanto

Baca Juga:  Tiket pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-19 vs China mulai dijual via online