Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE PROOTONOMI

HAN 2015, Jokowi pilih becanda dengan anak-anak ketimbang pidato 

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara spontanitas membagi-bagikan puluhan unit sepeda kepada anak-anak, pada puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2015 di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/8/2015).

Peringatan HAN 2015 yang seharusnya diisi dengan pidato bertema “Wujudkan Lingkungan Keluarga Ramah Anak” lebih memilih untuk becanda dengan 2500 anak-anak yang datang. Mantan wali kota Solo itu memanggil satu persatu anak-anak untuk diajak berbicara dengan berbagai hal mulai dari nama binatang, tumbuhan, ibukota provinsi/kota serta mengenal budaya tari-tarian.

Presiden juga mengajak anak-anak berkebutuhan khusus untuk tampil di panggung menjawab pertanyaan yang disampaikannya.

“Coba kamu siapa namanya?” tanya Presiden
“Puji Pak,” jawab anak yang dipanggil ke panggung.
“Puji kamu dari mana?” tanya Presiden.

“Dari Kepulauan Riau Pak.”

“Coba sebutkan 15 nama hewan,” kata Presiden , yang langsung dijawab ole Puji dengan menyebut 15 nama hewan , termasuk kucing.

“Kamu punya kucing?” tanya Presiden.

“Tidak, beliin Pak,” jawab Puji.

“Saya punya banyak di rumah. Nanti saya kasih satu ya,” kata Presiden seraya menyebut Pudji sebagai cowok yang cerewet banget.
“Anak Indonesia harus aktif Pak,” kata Puji.
“Bagus. Sudah ambil sana sepedanya… dinaiki ya sampai Riau,” kata Presiden tersenyum.

Penampilan Tasya juga mendapat perhatian Presiden Jokowi yang gemulai menarikan Tari Saman yagn berasal dari Aceh. Apalagi Tasya ternyata berasal dari Yogyakarta.

“Bagus banget. Orang Yogya, tetapi membawakan tari Saman. Inilah Indonesia, anak Indonesia juga pintar tarian dari Aceh. Anak Aceh juga harus bisa membawakan tari-tarian dari daerah lain,” kata Jokowi.

Pada kesempatan itu, Presiden menjelaskan kepada anak-anak yang hadir tentang populasi sekitar 700 ekor rusa yang hidup di halaman Istana Kepresidenan Bogor.

Baca Juga:  Rhenald Kasali dukung Presiden pilih kaum muda di kabinetnya

“Tapi tiga bulan lalu, ada seekor rusa yang mati karena diterkam biawak. Setelah selama tiga hari dirawat kemudian mati,” kata Jokowi.

Dengan bersahabat, presiden mengajak anak-anak berkeliling Kompleks Istana Kepresidenan Bogor untuk melihat-lihat rusa yang ada di sana.

“Anak-anak, di Kompleks Istana ini ada kurang lebih 700 ekor rusa. Tadi sudah melihat atau belum di depan? Kalau belum, nanti saya antar melihat rusa,” kata Jokowi.

Sebelumnya Presiden menyerahkan anugerah kota layak anak dan sekolah ramah anak.

Kegiatan bertema “Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak” dihadiri Ibu Negara Iriana Widodo, Ibu Mufidah Kalla, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Yembisa, Menkominfo Rudiantara, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.