LENSAINDONESIA.COM: Kecelakaan melibatkan mobil Toyota Innova dengan KA Probowangi jurusan Surabaya-Banyuwangi terjadi di Jember, Jawa Timur. Lima orang tewas, sedangkan dua korban luka lainnya masih dirawat.

Mobil Innova bernopol B 1487 SKQ saat kejadian berisi tujuh orang, 6 penumpang dan seorang pengemudi. Menurut Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif bahwa Innova tersebut menerobos palang pintu yang dijaga warga saat melintas di Kali Wates, Minggu (16/8/2015) WIB.

“Lima orang yang meninggal dari penumpang Innova. Salah satu korbannya termasuk pengemudi Innova,” kata AKBP Sabilul

Polisi memeriksa dua pedagang, Sukari (45) dan Novi (34), penjual pentol. Diperoleh keterangan bahwa, pada pukul 08.45 Wib, Minggu (16/8/2015) melintas dari arah Surabaya sebuah KA Probowangi menuju arah Banyuwangi. Secara bersaman, di perlintasan kereta api depan Pertokoan Roxy di Kaliwates juga melintas Toyota Innova B 1487 SKQ dari arah utara menuju jalan raya yang melewati rel tersebut.

“Diduga palang pintu tidak tertutup tetapi sirine bunyi dan terjadi kecelakaan,” kata Sabilul.

Beberapa saksi di lokasi sempat memperingatkan pengemudi Toyota Innova yang ditumpangi 7 orang asal Jombang itu.

“Tetapi tidak didengar dan jarak sudah dekat,” katanya.

Kelima korban tewas yang berhasil diidentifikasi Polres Jember adalah Kasianto (51), pengemudi asal Desa Pulowetan Gg 4 No 41 Kab Jombang; dan satu keluarga yaitu Abdul Azis (44); Fitria (37), istri Abdul Aziz; Laila (40), kakak Fitria; dan Wildan (8). Sedangkan 2 korban luka adalah Wanda (16) dan Winda (9). Keduanya dirawat di RS Kaliwates.

Kondisi mobil rusak parah karena sempat terseret hingga lebih 500 meter. Toyota Innova itu berisi rombongan asal Jombang yang berencana acara keluarga di Jember. Polisi, kata dia, juga melakukan pemeriksaan terhadap saksi mata di sekitar palang pintu.