LENSAINDONESIA.COM : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo menggelar rapat pleno terbuka dengan agenda pengundian nomer urut bagi empat pasangan calon bupati-wakil bupati, Rabu(26/8/2015).

Dari pengundian nomer urut tersebut empat pasangan calon hadir semua minus Misranto Calon Bupati perseorangan yang hanya dihadiri oleh Calon wakil bupati Isnen Priyono.

Hasil pengundian yang disaksikan forpimda, Panwaskab Ponorogo serta pendukung masing-masing pasangan calon, menghasilkan nomor urut 1 pasangan Sugiri Sancoko-Sukirno yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hanura dan PKS.

Nomor urut 2 pasangan calon incumbent Amin-Agus Widodo yang diusung PKB dan PDI Perjuangan. Nomor urut 3 pasangan Misranto-Isnen Supriyono. Sedangkan nomor urut 4 pasangan calon Ipong Muchlisoni-Sujarno yang diusung Partai Gerindra, PAN dan Partai Nasdem.

Sugiri menyatakan nomor urut yang didapatkannya telah sesuai prediksi. Yaitu angka 1 yang merupakan angka untuk menyebut hal-hal yang terbaik.

“Ini cocok, kami dapat nomor 1, nomor juara, angka untuk siapapun yang terbaik. Ini seperti isyarat alam, bahwa yang terbaik yang akan terpilih,” ucap Sugiri.

Agus Widodo, cawabup pasangan Amin saat memberi sambutan mengatakan nomor urut 2 yang didapatkannya telah sesuai harapannya. Menurutnya, angka dua mewakili keseimbangan atau berpasangan, seperti ada siang dan malam, ada lelaki dan perempuan.

Selain itu, mantan ketua DPRD Kabupaten Ponorogo yang saat ini masih menjadai anggota DPRD dan dalam proses pengunduran ini menambahkan, angka dua membentuk huruf V saat dilambangkan dengan jari yang menurutnya berarti victory sebagai lambang kemenangan.

“Yang jelas, Jokowi juga nomor 2 waktu menang (Pilpres). Dalam sejarah Pilkada Ponorogo, pemenangnya juga selalu nomor 2,” ucapnya.

Isnen, yang hadir bersama Suripno, perwakilan Misranto yang sedang bertugas di Jakarta, menyatakan, berapapun nomor urut yang didapatkan, yang terpenting adalah kemenangan.

Sebagai pasangan yang mendapatkan nomor buncit yaitu nomor urut 4 Ipong mengibaratkan angka 4 dalam banyak sisi. Pertama empat menandakan dukungan yang berasal dari 4 penjuru mata angin. Selain itu, 4 juga selalu dipakai untuk menentukan jumlah titik pondasi sebuah rumah.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Ponorogo Ikhwanudin Alfianto menyatakan,pengundian nomor adalah tahapan yang harus dilalui. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih mudah mengenali pasangan calon bupati-calon wakil bupati yang diminatinya.

“Pasangan juga lebih mudah menawarkan diri untuk dipilih. Juga memudahkan pengaturan jadwal kampanye,”ucapnya.@arso