Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE JATIM RAYA

KY tindaklanjuti 33 aduan pelanggaran hakim di Jatim 

LENSAINDONESIA.COM: Komisi Yudisial (KY) kini tengah memproses 33 aduan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh hakim di Jawa Timur.

Asisten Penghubung KY Jatim Ubed Bagus Razali mengatakan, dari jumlah tersebut, tiga hakim di antaranya direkomendasikan ke Mahkamah Agung (MA) untuk mendapatkan sanksi karena terbukti melakukan pelanggaran saat menangani perkara.

“Tiga hakim direkomendasikan sanksi itu satu hakim aduan tahun 2013, dua hakim aduan tahun 2014,” ungkapnya di sela-sela kegiatan bagi-bagi buku kode etik hakim di Pengadilan Agama (PA) Surabaya di Jalan Ketintang, Rabu (16/09/2015).

“Saya tidak tahu identitas hakim dan tempat tugasnya karena itu diurus KY pusat,” imbuh dia.

Ubed menjelaskan, sejak KY Jatim berdiri tahun 2013 hingga sekarang, total 73 aduan disampaikan pencari keadilan kepada KY Jatim. Tahun ini termasuk banyak. Dari Januari sampai September sudah menerima 33 aduan. “Macam-macam aduannya,” ucapnya.

Komisioner KY Imam Anshari Saleh mengakui ada tiga hakim yang bertugas di Jatim yang saat ini proses disanksi. Sayang, dia juga menolak menyebutkan identitas tiga hakim melanggar tersebut, juga dimana saat ini bertugas. “Mohon maaf (dentitas) belum bisa disiarkan ke publik,” tandasnya dihubungi via ponsel.@wan

Baca Juga:  Pakai seragam kolonel TNI AL, pecatan Dishubla tipu pengusaha sound sistem