LENSAINDONESIA.COM: Menyambut Hari Raya Idul Adha 1436 H Tahun 2015, Kodim 0813/Bojonegoro menggelar Shalat Idul Adha berjamaah di Lapangan Makodim Jl. HOS Cokroaminoto, Kamis (24/09/2015).

Dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha itu, Sertu Muhtarom didaulat menjadi Khatib. Sedangkan Bilal diemban oleh Sertu Jiono.

Dalam khutbahnya yang bertema “Meraih Kemuliaan dengan Berkurban,” Khatib Sertu Muhtarom mengatakan, bahwa makna Idul Adha yang bermula dari kisah Nabi Ibrahim, dimana Ibadah Idul Adha memiliki makna yang sangat penting dari sisi aqidah, dengan ibadah berqurban meluruskan dan membantah pengakuan orang-orang Yahudi bahwa Ibrahim adalah muslim yang hanif, bukan Yahudi bukan pula Nasrani.

Menurutnya, Idul Adha juga memiliki makna Edukatif, yakni bagaimana Nabi Ibrahim membangun keluarga dan mendidik putranya. Karena dengan Idul Adha merupakan momentum Ibadah dalam berqurban, saling menghormati dan mengedepankan kemaslahatan umat manusia bagi kehidupan dunia dan akhirat.

“Berqurban dapat melawan penyakit egoisme. Dimana Egoisme merupakan musuh utama dalam kehidupan baik kehidupan sosial bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena hingga saat ini masih banyak pihak yang mengedepankan kepentingan pribadi dan kelompoknya dengan mengesampingkan kepentingan bangsa sebagai kepentingan bersama,” tutunya dalam khutbah.

Usai pelaksanan Shalat Idul Adha, Komandan Kodim 0813/Bojonegoro, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas menyerahkan hewan qurban untuk disembelih kepada panitia qurban.

Kegiatan peringatan Hari Raya Idul Adha ini dihadiri oleh Dandim 0813 Bojonegoro beserta Ketua Persit KCK Cabang XXVIII Kodim 0813 Bojonegoro, Kasdim 0813 Mayor Inf M. Jenal Arifin beserta isteri, para Pasi Kodim 0813 Bojonegoro, para Danramil 0813 Bojonegoro, Pengurus Persit KCK Cabang XXVIII Kodim 0813 Bojonegoro, para anggota Kodim 0813 Bojonegoro, Panitia Kurban dan Undangan.

Dalam sambutannya Dandim 0813 menyampaikan, melalui kegiatan ini semoga semakin mempererat tali persaudaraan sesama umat manusia dan semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan ketegaran serta kekuatan kepada hambanya.***

Autentifikasi: Penrem 082/CPYJ