LENSAINDONESIA.COM : Tim Crime Hunter Sat Reskrim Polres Ponorogo mengamankan HC ( 37), polisi gadungan, warga Desa Glongong, Kecamatan Delopo, Kabupaten Madiun, yang mengaku sebagai perwira Polri berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) dari Direktorat Reserse Narkoba (Dit Reskoba) Polda Jatim.

Polisi gadungan ini dicokok di rumahnya, lantaran saat berada di halaman tempat hiburan malam di Jl Sukarno Hatta, Ponorogo, Sabtu (26/9/2015) lalu, mengaku sebagai anggota Polri berpangkat Kompol untuk menakut-nakuti masyarakat.

Dari tangan polisi gadungan ini diamankan, satu pucuk Senjata api jenis Airsoft Gun, tiga foto pelaku berpakaian dinas Brimob Polri dengan pangkat Kompol, satu baret Brimob Polri, satu lembar STNK motor Honda Beat biru tahun 2009 AE 3728 RF, satu unit motor Honda Beat biru tahun 2009 AE 3728 RF yang Nopolnya sudah diubah menjadi AE 6364 NA (terbaca GEGANA).

Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Hasran, mengatakan Tim Crime Hunter mengamankan HC yang mengaku sebagai anggota Polri dengan pangkat Kompol dari Direktorat Narkoba Polda Jatim Jatim. “Pelaku saat ini masih kita tahan untuk proses pemeriksaan dan pengembangan. Karena ada kemungkinan dia mengaku-ngaku sebagai anggota Polri untuk melakukan tindakan yang merugikan masyarakat,” terangnya kepada Lensa Indonesia.

Menurut AKP Hasran, polisi gadungan itu patut diduga melanggar pasal 53 jo pasal 378 KUHP tentang percobaan melakukan penipuan dengan ancaman 4 tahun pidana penjara. “kami mengimbau, bila ada masyarakat yang pernah menjadi korban atas perbuatan pelaku, agar segera melapor ke Polres Ponorogo,” pungkasnya. @arso