Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE JATIM RAYA

BNNP Jatim gagalkan kiriman sabu Cina dalam mesin pemotong rumput 

LENSAINDONESIA.COM: Sindikat jaringan Narkoba internasional yang dikendalikan bandar yang mendekam di Lapas Jawa Timur, dibongkar Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim.

Narkoba jenis sabu seberat 4,140 kg berbentuk kristal yang disimpan dalam tabung pompa air dan mesin pemotong rumput ini, diimpor langsung dari Guangzhu china dan diterima Sucipto (30) warga Jl Dupak Surabaya, dengan pengiriman melaui laut.

Kabid Pemberantasan BNNP Jatim, AKBP Bagijo Hadi Kurnijanto, mengatakan terbongkarnya pengiriman sindikat Narkoba internasional jaringan Lapas tersebut berkat informasi masyarakat ke BNN Pusat bahwa akan ada pengiriman sabu dalam jumlah besar ke Surabaya. “Setelah kami lakukan penyelidikan, tersangka dapat kami bekuk di rumahnya usai mengambil paket dari luar negeri melalui pengiriman lewat jalur laut,” terangnya, Kamis (1/10/2015).

“Jaringan ini dikendalikan oleh A, Napi yang mendekam di sebuah Lapas di Jatim, dimana dirinya langsung berhubungan langsung dengan WNA Nigeria yang kemudian menghubungi bandar yang ada di Guangzhu China,” sambung AKBP Bagijo Hadi Kurnijanto.

Menurutnya tersangka Sucipto yang merupakan tangan kanan A, mengedarkan di Surabaya, Madura dan Jakarta. Saat ini BNNP Jatim sedang berkoordinasi dengan Kemenkumham untuk melakukan pemeriksaan. “Kami masih melakukan koordinasi dengan Kemenkumham dan kemungkinan dalam waktu dekat ini melakukan pemeriksaan terhadap A,” AKBP Bagijo Hadi Kurnijanto.

Sementara Sucipto, tersangka yang pernah dipenjara dalam kasus pembunuhan ini mengenal A ketika sama-sama berada dalam lapas. “Sejak Juli 2015, saya sudah empat kali menerima kiriman Narkoba sebanyak 20 kg,” terangnya kepada penyidik BNNP Jatim. @rofik

Baca Juga:  Timnas Indonesian U-19 hajar China 3-1