LENSAINDONESIA.COM: Pelindo Daya Sejahtera (PDS), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) di bidang penyediaan tenaga kerja menjamu para pengguna jasanya di ruang lantai III Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak yang menghadap ke Selat Madura, Surabaya, Kamis (08/10/2015).

Para pengguna jasa yang hadir di antaranya General Manager pimpinan pelabuhan-pelabuhan cabang Pelindo III di tujuh provinsi. Selain itu. juga hadir sejumlah direksi anak usaha Pelindo III lain yakni dari Terminal Teluk Lamong, Terminal Peti Kemas Surabaya, Pelindo Marine Service, RS PHC, dan masih banyak yang lainnya. Kali ini PDS mengirim tenaga kerja pada pelabuhan dan perusahaan tersebut, di antaranya tenaga administrasi, pelaksana kebersihan, pengemudi, dan petugas keamanan.

Direktur Utama PDS, Gugus Widjonarko mengatakan, momen ini merupakan kesempatan bertemu antara PDS dan para pengguna jasanya.

”PDS menetapkan person in charge (PIC) untuk setiap pelanggannya. Agar dapat menjadi penghubung antara PDS dan kebutuhan kliennya. Selain itu, bahwa customer gathering menjadi kesempatan untuk saling berkomunikasi antara PIC dengan perwakilan pelabuhan-pelabuhan cabang dan anak usaha Pelindo III. Dengan komunikasi yang lancar, diharapkan jika ada kendala dapat ditemukan solusi  dengan cepat. Hal ini guna mengimbangi kecepatan kinerja Pelindo III sebagai induk korporat yang mengusung semboyan, Selalu Terdepan”, tandas Gugus.

Di kesempatan yang sama, Toto Heli Yanto, Direktur SDM dan Umum Pelindo III menyampaikan, performa PDS sebagai anak usaha terus membaik. PDS sudah mencatatkan laba pada pertengahan tahun ini.

”Maka PDS semakin siap untuk bergerak menerima pengguna jasa dari luar (lingkungan Pelindo III),” tegas Toto.

PDS menjadi wujud komitmen Pelindo III guna membina hubungan industrial yang baik, sesuai amanah UU. Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Untuk itu, PDS berupaya pendapatan karyawannya secara proporsional sesuai dengan induk usahanya, Yakni ke depannya juga mendapatkan bonus, tunjangan cuti, dan pensiun, selain pendapatan pokok (gaji).

Bahkan, pendapatan karyawan PDS yang ditugaskan di pelabuhan-pelabuhan cabang Pelindo III bakal berada di atas UMK (Upah Minimum Kabupaten) daerah setempat. Sebab dihitung berupa komponen UMK setempat ditambah “gradasi” atau presentase penyesuaian dengan perbandingan dengan besaran gaji di karyawan PDS yang berada di Surabaya (sebagai daerah dengan UMK tertinggi di antara seluruh daerah cabang Pelindo III).

Tenaga kerja dari PDS didominasi petugas keamanan pelabuhan

Toto Heli Yanto juga menyampaikan, langkah strategis perseroan yang akan mulai menempatkan tenaga kebersihan dari PDS untuk Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Tak hanya tenaga kebersihan, Asisten Senior Manager Pelayanan Terminal, I Putu Sukadana, juga menjelaskan dalam presentasinya bahwa profil tenaga kerja yang disuplai PDS, didominasi oleh petugas keamanan pelabuhan (port security). Di Terminal Teluk Lamong, merupakan pelabuhan modern dengan sistem operasi secara semi-otomatis, tenaga kerja dari PDS banyak yang ditugaskan sebagai tenaga administrasi perkantoran dan sebagai pekerja bongkar muat.

“(Karyawan) PDS jangan hanya jadi pelengkap di organisasi, tapi juga harus menghasilkan produk/jasa yang memberikan kontribusi positif pada perusahaan,” kata Putu Sukadana. Ia kemudian mengatakan bahwa saat ini Pelindo III sedang bergerak menuju full handling terminal operator, maka karyawan PDS akan memiliki peran SDM yang cukup besar untuk laju perusahaan. “Sejalan dengan budaya perusahaan Pelindo III, yakni Customer Focus, Care and Integrity, maka sifat turunan yang perlu diterapkan pada tenaga PDS yakni melayani dan tangguh. Sehingga karyawan PDS dapat menjadi garda terdepan pada sisi operasional Pelindo III,” jelas Putu.

Hal ini sejalan dengan tema customer gathering tersebut, yakni “Share and care for excellent synergy” dan juga seperti diungkapkan Gugus Widjonarko sebelumnya, “Sinergi antara Pelindo III dan Pelindo Daya Sejahtera ialah untuk meng-empowering people (memberdayakan kemampuan manusia)”.@Eld