Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE PROOTONOMI

Ijin PT Indonesia Minning Modern Sejahtera di Lumajang dicabut 

LENSAINDONESIA.COM: Pemprov Jatim memenuhi janjinya terkait pengusutan kasus tambang ilegal di Kabupaten Lumajang yang menyebabkan satu korban tewas, Salim Kancil.

Selain telah diserahkan kepada pihak yang berwajib, Pemprov Jatim juga bertindak tegas dengan mencabut ijin PT Indonesia Minning Modern Sejahtera, perusahaan tambang yang disinyalir memfasilitasi para pekerja tambang ilegal di Lumajang dan menjadi lokasi pembantaian Salim Kancil.

“Jadi sekarang ini semua perusahaan tambang di Jawa Timur kami periksa keseluruhan terkait ijinnya. Ya semacam verifikasi ulang, mana yang telah mengantongi ijin resmi dan tidak. Hasil terbaru, Pemprov Jatim memutuskan mencabut izin PT Indonesia Minning Modern Sejahtera,” ungkap Wagub Jatim Saifullah Yusuf, Kamis (15/10/2015).

Menurutnya, di Jatim ini terdapat sekitar 900 perusahaan yang memiliki ijin resmi pertambangan. Dari jumlah ini baru sekitar 50 persen yang telah diperiksa. “Yang 50 persen lagi masih ngantri, menunggu giliran untuk diperiksa Pemprov Jatim,” cetus pria yang akrab disapa Gus Ipul ini.

Menurutnya, pemeriksaan awal telah tampak mana perijinan yang memenuhi syarat dan yang tidak memenuhi syarat. “Dari temuan itu sebagian memang memenuhi syarat, tapi ada juga sebagian yang tidak. Kalau bisa diperbaiki ya bisa diurus, tapi kalau ga ya dicabut ijinnya,” tegas Wagub sekali lagi.

Sekedar diketahui, verifikasi ulang dilakukan untuk mengungkap temuan jika perijinan yang diajukan tidak sesuai dengan yang diajukan atau terdapatnya perijinan yang dobel untuk satu perusahaan. Verifikasi tersebut lebih bersifat administratif dengan mengecek nama perusahaan, alamat, jenis perizinan hingga pembayaran pajak. “Atau terkadang ijin yang diajukan untuk hal lain, ternyata dibuat untuk pertambangan. Yang seperti ini akan dicabut,” tukasnya.@sarifa

Baca Juga:  Bebas kontaminasi plastik, Gubernur Khofifah tegaskan telur Jatim aman dikonsumsi