Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
HEADLINE JATIM RAYA

Target bebas kawasan kumuh, Pemkot Malang gandeng Kemitraan Habitat 

LENSAINDONESIA.COM: Kemitraan Habitat resmi menopang pengentasan kawasan kumuh di Kota Malang. Itu tercermin dari penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Pemkot Malang, Jumat (16/10/2015).

Pada penandatanganan kerja sama itu, Kemitraan Habitat diwakili Wicaksono Sarosa, Ketua Dewan Eksekutif Kemitraan Habitat. Sedangkan Pemkot Malang ditangani langsung Wali Kota HM Anton.

Menurut Wicaksono Sarosa, Kemitraan Habitat memang memiliki komitmen untuk menopang program 100-0- 100 (pengentasan kawasan kumuh) yang diselenggarakan di daerah.

“Kemitraan Habitat ini di dalamnya terdiri dari mantan menteri, para politikus, akademisi, kementerian/kelembagaan, aktivis dan LSM. Mereka bergabung untuk membantu daerah mengatasi masalah kawasan kumuh,” kata dia.

Menurut dia, ada enam daerah di Indonesia yang ditopang Kemitraan Habitat. Satu di antaranya, kata dia, adalah Kota Malang.

“Program yang ditangani memang fokus pada penanganan kawasan kumuh. Lewat kerja sama ini kita harapkan Kota Malang segera terbebas dari kawasan kumuh,” papar dia.

Hal senada diungkapkan Wali Kota HM Anton. Menurut dia, Kota Malang berkomitmen untuk menangani kawasan kumuh.

“Penanganan itu satu diantaranya dideteksi dan dieksekusi melalui kegiatan sapa warga. Itu kita lakukan secara rutin dua mingguan,” ujar Abah Anton saat didampingi Kabag Humas M Nur Widianto.

Sedangkan kerja sama dengan Kemitraan Habitat, kata dia, diantaranya akan membantu dalam hal pengembangan akses ke berbagai sumber daya. “Baik itu SDM, sains dan teknologi maupun yang terkait sumber dana,” pungkasnya.

Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, saat ini sebanyak 29 diantara 57 kelurahan yang tersebar di Kota Malang, masuk kategori kawasan pemukiman kumuh.

Luasan kawasan kumuh yang tersebar di 29 kelurahan tersebut mencapai 603 hektar.

Karena itu, Pemkot akan melakukan penataan ulang hingga terwujud program bebas kawasan kumuh pada 2019.

Baca Juga:  Papua rusuh, FKPPI Surabaya pecat Tri Susanti

Saat ini pemkot sudah siap menjalankan program penanganan kampung kumuh, bahkan tahun ini ada tiga kelurahan yang dijadikan target utama sekaligus percontohan penanganan kampung kumuh di Tanah Air, yakni Kelurahan Sukun, Kotalama, dan Tulusrejo.@aji_dewa_roisky