Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    

Jenazah jamaah haji asal Banjarmasin akhirnya ditemukan 

LENSAINDONESIA.COM; Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi kembali mengidentifikasi satu jenazah jamaah haji Indonesia di Tempat Pemulasaraan Jenazah di Muaishim.

Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat memastikan bahwa jenazah tersebut atas nama Fatimah Binti Abdul Hamid, jamaah kloter 1 Embarkasi Banjarmasin (BDJ 01) yang dilaporkan belum kembali ke kloternya sejak dirawat di Rumah Sakit Arafah.

“Pukul 15.00, kami mendapatkan informasi dari tim identifikasi, bahwa mereka menemukan jenazah atas nama Fatimah Binti Abdul Hamid. Di situ jelas sekali ada gelang identitasnya, nomor paspornya juga terlihat,” terang Arsyad Hidayat Sabtu (17/10/2015) malam, mengutip Kemenag.

Menurut Arsyad, jenazah jamaah dengan nomor paspor B 0964338 ini ditemukan di Muaishim. Dengan temuan ini, maka laporan selama ini bahwa Fatimah hilang sudah bisa diidentifikasi. “Kami meminta agar pihak keluarga segera diberitahu bahwa Ibu Fatimah sudah ditemukan dalam kondisi wafat di Muaishim,” jelasnya.

Meski ditemukan di Muaishim, Fatimah binti Abdul Hamid bukan termasuk korban peristiwa Mina. Terakhir Fatimah diketahui keberadaannya ketika dirawat di ICU RS Arafah pada puncak haji 23 September lalu. Dengan ditemukannya jenazah Fatimah binti Abdul Hamid, Arsyad Hidayat menegaskan bahwa sudah tidak ada lagi jamaah haji Indonesia yang dilaporkan hilang pada penyelenggaraan ibadah haji 1436H/2015M ini.

jamaah haji yang wafat pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjumlah 597, terdiri dari: 461 jamaah wafat sakit, 12 jamaah wafat pada musibah robohnya crane di Mina, dan 124 wafat pada peristiwa Mina.@*/licom