LENSAINDONESIA.COM: Menpora Imam Nahrawi, mengatakan dalam pertemuan dengan perwakilan FIFA, Presiden Joko Widodo menegaskan tentang perlunya dilakukan reformasi internal Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Menurutnya, sejumlah kekisruhan dalam sepak bola Indonesia juga dilaporkan pada FIFA dalam pertemuan itu. “Reformasi sepak bola penting karena sudah nyata-nyata ada indikasi. Bahkan ada pengakuan tentang pengaturan skor, ada judi bola, gaji pemain terlambat, bahkan klub tak lagi mematuhi statuta FIFA,” ujar Menpora Imam Nahrawi.

Selain itu, pemerintah juga menyampaikan kepada FIFA bahwa Indonesia ingin ada transparansi, pajak dan aturan main yang jelas dalam pengelolaan sepak bola tanah air.

Menpora Imam Nahrawi lalu menyebut, FIFA akan menindaklanjuti laporan pemerintah tersebut. “Mereka sangat terkejut mendengar paparan sejumlah masalah di tubuh PSSI dan persepakbolaan Indonesia. Selain itu, kami juga menyampaikan banyak poin di situ, termasuk rencana membangun sepakbola yang lebih membanggakan bagi Indonesia. Dan mereka sangat respons baik,” imbuhnya.

Hasil pertemuan itu disebutkan Menpora Imam Nahrawi, bahwa FIFA yakin pemerintah bisa memberi harapan baru masa depan sepakbola Indonesia. @*/andiono