Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE JATIM RAYA

Rendra Kresna lega Mas Isman jadi Pahlawan Nasional 

LENSAINDONESIA.COM: Calon Bupati Malang incumbent, Rendra Kresna mengaku lega atas penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada tokoh pejuang asal Malang, Mas Isman.

Kelegaan Rendra cukup beralasan karena dia mengaku ikut mendukung dan memberikan rekomendasi saat proses pengkajian dan penelitiannya.

“Alhamdulillah, upaya semua pihak untuk menjadikan Mas Isman sebagai Pahlawan Nasional membuahkan hasil. Sebab, Presiden RI Joko Widodo secara resmi sudah menganugerahkan gelar terhormat itu,” kata Rendra Kresna di Malang, Kamis (05/11/2015).

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional pada lima tokoh masyarakat yang dianggap berjasa terhadap negara.

Lima tokoh yang penganugerahan gelar Pahlawan Nasionalnya diputuskan lewat Keputusan Presiden (Keppres) No. 116-TK/2015 itu diantaranya, Bernard Wilhelm Lapian, Mas Isman, Komisaris Jenderal Polisi Moehammad Jasin, I Gusti Ngurah Made Agung dan Ki Bagoes Hadikoesoemo.

Dijelaskan Rendra, untuk mendapat gelar itu Prosesnya cukup panjang. Sebab, Kementerian Sosial bersama berbagai elemen masyarakat, termasuk Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) melakukan pembahasan dan penelitian yang detail.

“Bahkan kami sempat ikut membahas dan mengkaji bersama tim tersebut di Pendopo Kabupaten Malang. Kala itu saya menegaskan bila Mas Isman layah dianugerahi gelar Pahlawan Nasional,” ungkapnya.

Hal itu bila melihat rekam jejak dari jasa-jasanya terhadap bangsa dan negara. Menurut Rendra, Mas Isman tidak hanya sebagai pejuang kemerdekan, namun juga pejuang hebat pasca kemerdekaan.

Ketika memperjuangkan kemerdekaan RI, kata Rendra, Mas Isman sempat menjadi Komandan Pejuang Tentara Pelajar Jawa Timur (TRIP). “Beliau mempin perang melawan penjajah yang hendak kembali ke Indonesia,” katanya.

Setelah masa kemerdekaan, kata dia, Mas Isman berjuang untuk mengisi pembangunan. “Kepeduiannya terhadap kesejahteraan rakyat kecil sanat luar biasa,” katanya.

Baca Juga:  Anugrah Ariyadi resmi daftar Bacawawali Surabaya lewat PDIP

Untuk itu, dia mendirikan Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) yang juga menjadi cikal bakal Partai Golkar. Menurut Rendra, mantan Asisten IV Pangab M Yusuf itu sadar betul untuk memperjuangkan rakyat itu harus melalui jalur yang terorganisir.

Karena itu, kata dia, Kosgoro lewat Partai Golkar sangat besar perannya dalam mengisi kemerdekaan. “Semua itu berkat jasa beliau,” tandasnya.

Mas Isman merupakan ayah Hayono Isman, eks Menpora yang saat ini menjadi politikus Partai Demokrat.@aji_dewa_roisky