LENSAINDONESIA.COM: Peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2015 di Tugu Pahlawan Surabaya dipastikan bakal meriah seiring rencana kedatangan Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan menjadi pemimpin upacara.

Dalam jadwal kunjungan RI 1 yang beredar, Presiden Joko Widodo akan terbang dari Jakarta ke Surabaya pada Senin (9/11/2015) malam menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia 1 dan tiba bersama dengan Ibu Negara Iriana Jokowi di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo.

“Presiden berangkat dari Jakarta pukul 21.00 WIB diperkirakan sampai pukul 22.00 WIB dan langsung menuju salah satu hotel bintang lima,” kata Gubernur Jatim Soekarwo, kemarin.

Besoknya pada Selasa (10/11/2015) pukul 08.00 WIB, Presiden Joko Widodo akan menuju ke Tugu Pahlawan Surabaya untuk menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan yang bakal diikuti 3000 tamu undangan.

Dalam peringatan upacara Hari Pahlawan, Presiden Joko Widodo juga akan menyerahkan bingkisan kepada perintis kemerdekaan, yakni 102 orang perintis dan 100 veteran.

Usai menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan meninjau proyek di Socah-Bangkalan, Madura. “RI 1 bersama rombongan bakal melakukan peletakan batu pertama pembangunan PT DOK Perkapalan di Bangkalan yang membuka kawasan baru seluas 200 hektar,” jelas Gubernur Soekarwo.

Selepas dari Bangkalan, Presiden Joko Widodo atau akrab dipanggil Jokowi selanjutnya akan menuju ke Tuban menggunakan helikopter meninjau Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI). Lalu sore harinya menuju Malang karena pada pukul 18.30 WIB, akan melakukan melakukan peresmian Pembukaan Turnamen Indonesian Championship Jenderal Sudirman Cup (ICJSC) di Stadion Kanjuruhan.

“Pada kesempatan itu, sekitar pukul 19.05 WIB, Presiden Joko Widodo bakal melakukan kick-off dengan menendang bola dilanjutkan menyaksikan pertandingan sepakbola antara Arema Malang vs Gresik United,” pungkasnya. @sarifa