Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE JATIM RAYA

Tolak jatah kampanye akbar, Risma-Whisnu pilih blusukan ke kampung 

LENSAINDONESIA.COM: Pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Surabaya nomor urut 2, Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana memutuskan tidak mengambil jatah kampanye yang diberikan oleh KPU pada Minggu (22/11/2015).

Pasangan calon petahana ini lebih memilih blusukan ke kampung-kampung untuk menyapa langsung warga.

“Bu Risma dan Mas Whisnu memilih berkunjung ke kampung-kampung, pemukiman dan bertemu dengan komunitas-komunitas datang. Menyapa, dan menemui warga untuk mendengarkan aspirasi mereka secara langsung,” jelas Didik Prasetiyono, jubir Tim Pemenangan Risma-Whisnu, Sabtu (21/11/2015).

Pasangan nomor urut dua yang diusung PDI Perjuangan ini menilai, model kampanye akbar tidak lagi efektif di era sekarang untuk mendengarkan suara rakyat. Selain bersifat hiruk-pikuk, gaduh, dan membuang banyak dana, kampanye mengumpulkan massa juga hanya bersifat “satu arah” yakni mendengarkan suara lantang para juru kampanye.

Sedang massa hanya menjadi penonton dan pendengar. “Metode lama itulah yang dibalik oleh pasangan Risma-Whisnu, di mana keduanya berinisiatif mendatangi warga, menyapa, dan lebih penting lagi mendengarkan suara rakyat,” kata Didik.

Terkait hal ini, Tim Pemenangan Risma-Whisnu telah mengirim surat resmi kepada KPU, Panwas dan Polrestabes tentang tidak diambilnya kesempatan kampanye akbar pada Minggu besok. Sehingga seluruh kekuatan keamanan dan Panwas Pilkada di Kota Surabaya tidak perlu mengonsentrasikan diri untuk menangani hiruk-pikuk massa.

Sebagai ganti dari tidak diambilnya kampanye akbar itu, tambah Didik, Tim Pemenangan Risma-Whisnu telah menyiapkan 30 agenda pertemuan di berbagai lokasi di Kota Surabaya. Agenda blusukan itu dimulai Sabtu hari ini hingga Minggu besok, mulai pagi sampai larut malam.

Dengan model kampanye tersebut, lanjut Didong, sapaan Didik Prasetiyono, menjadi semakin nyata bahwa Risma-Whisnu menjadi milik warga Kota Surabaya. “Hal ini juga membuat kedua calon pemimpin Kota Surabaya ini semakin terampil mendengarkan suara warga, dan memecahkan secara taktis dan teknis setiap persoalan rakyat yang dijumpai di lapangan,” sebutnya.

Sementara itu, pasangan nomor urut satu Rasiyo – Lucy siap menggelar agenda kampanye akbar yang rencananya digelar pada tanggal 29/11/2015 di Jatim Expo Surabaya. Dalam agenda akbat tersebut rencananya akan dihadiri pemimpin partai dan tokoh nasional serta dimeriahkan sejumlah grub band papan atas untuk memeriahkan acara.@wan