Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Ini 6 tips mencuci motor matic saat musim hujan tiba
TERKINI

Ini 6 tips mencuci motor matic saat musim hujan tiba 

LENSAINDONESIA.COM: Mencuci motor jadi hal yang wajib dan rutin dilakukan apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini. Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah motor rusak dan selalu terlihat segar. Selain itu kondisi kotor dan bersihnya motor mencerminkan kepribadian penggunanya.

Bagi pengguna motor matic, ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat mencuci motor kesayangan Anda, terutama yang menggunakan sistem PGM FI alias tanpa karburator.

Pertama, biarkan motor matic Anda untuk dingin terlebih dahulu. Jangan mencuci motor saat mesin, knalpot, rem dan komponen-komponen bersuhu tinggi lainnya masih panas, untuk mencegah kerusakan dan pengeroposan.

Kedua, bilas motor matic Anda secara menyeluruh menggunakan selang yang bisa menyemprotkan air dengan tekanan agak tinggi, Ini dimaksudkan untuk melepaskan kotoran-kotoran yang menempel dan tak terjangkau oleh tangan. Tapi ingat, jangan arahkan air secara langsung ke saringan udara, knalpot dan komponen kelistrikan lainnya

Ketiga, gunakan spons atau lap yang lembut disertai cairan pembersih ringan saat mencuci motor matic kesayanagan Anda. Ingat, panel dalam motor matic lebih sensitif, jadi bersihkan dengan hati-hati untuk menghindari goresan.

Keempat, bilas motor matic dengan air bersih yang banyak secara menyeluruh lalu keringkan dengan kain halus dan bersih serta yang bisa menyerap air agar tak muncul bercak air di body motor Anda.

Kelima, setelah motor matic kering jangan lupa lumasi bagian-bagian yang bergerak. Perhatikan baik-baik, jangan sampai ada pelumas yang tumpah ke rem atau ban. Cakram rem, kanvas rem depan, tromol atau kanvas rem belakang yang terkena cairan oli, akan mengalami penurunan daya pengereman sehingga malah bisa menyebabkan kecelakaan.

Keenam, oleskan lapisan wax untuk mencegah terjadinya korosi. Hindari produk wax yang mengandung deterjen atau larutan kimia keras. Produk itu malah dapat merusak logam, cat dan plastik pada motor matic. @*/andiono