LENSAINDONESIA.COM: Figur Walikota Surabaya terpilih Tri Rismaharini (Risma) dinilai menjadi idaman masyarakat Kota Surabaya. Hal tersebut diwujudkan dengan tingginya pemilih dalam Pilkada yang mempercayakan Risma untuk memimpin kembali Kota Surabaya.

“Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja risma tinggi sekali, itu menunjukan figur Risma menjadi idaman,” ujar Direktur Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo kepada LICOM di Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Pengamat Politik ini menjelaskan, Risma mempu menarik simpati masyarakat Surabaya dengan sikap Risma yang dituangkan dalam kebijakannya selama dirinya memjadi Walikota Surabaya.

Ke depan, lanjut Karyono, karir politik Risma akan menjadi cemerlang atau tidak, itu ditentukan oleh kenerja Risma dalam memimpin Kota Surabaya pada periode kedua tersebut. Sehingga, lanjutnya, kepercayaan masyarakat terhadap figur Risma dan partai pengusung (PDIP) bisa terjaga.

“Yang perlu dilakukan Risma adalah meningkatkan kembali kinerjanya, sehingga bisa linier dengan tingkat kepuasan masyarakat atas kinerjanya,” ujar Dia

“Hal Itu juga ada pengaruh terhadap perolehan suara PDIP di jatim,” pungkas Karyono. @yuanto