Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Empat siswi SDN Sukorejo 1 Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang tewas tenggelam di bekas galian C Desa Ploso Genuk, Sabtu (12/12/2015) siang.

Peristiwa tragis ini terjadi saat para siswa tersebut mengikuti kegiatan outbound yang digelar pihak sekolah dalam rangka akhir semester.

Empat korban tewas adalah Eva Trianggraini (10), Fatikhatul Khusna Aprilia (10), Anggik Arianti (10), dan Devi Anugrah Cahyani (11), seluruhnya merupakan siswi kelas V.

Basori, salah satu kerabat korban menceritakan, para pelajar bersama guru melakukan kegiatan semacam jalan sehat yang melintasi lokasi bekas tambang sekitar pukul08.30 WIB.

Saat tiba di lokasi, para pelajar sudah diingatkan agar tidak bermain lubang bekas galian yang saat ini digenangi air bekas hujan.

Namun nahas, tiba-tiba ada empat siswi yang bermain di tepi kolam tiba-tiba terperosok dan tenggelam di kedalaman 2 meter.

“Empat korban itu ke dalam kubangan yang kedalamannya sekitar dua meter. Para siswi tersebut tenggelam hampir satu jam, sehingga nyawanya tak tertolong,” ungkapnya saat ditemui di RSUD Jombang.

Sementara itu, Suntono (37), paman dari korban atas nama Anggik Arianti mengatakan, dirinya baru mengetahui kejadian tragis sebut setelah mendapat kabar dari para tetangganya.

Suntono pun lantas bergegas menuju ke bekas tambang. Saat tiba di lokasi kejadaian, ia melihat kondisi Anggik yang sudah tak sadarkan diri, ia lantas bergegas membawa keponakannya dan korban lainya ke RSUD Jombang.

Namun sayang, Anggik dan tiga temannya lebih dulu menghembuskan nafas sebelum mendapat pertolongan.

“Saya tidak tahu ceritanya. Tiba-tiba pukul 11.00 WIB ada kabar empat sekolah anak yang tenggelam. Anak-anak langsung dibawa ke kamar jenazah rumah sakit ini,” katanya.

Kabag Humas Polres Jombang, Ipda Dwi Retno mengatakan, saat ini para guru yang mendampingi kegiatan outbound telah berada di Mapolres Jombang untuk dimintai keterangan. Mereka adalah RT, SB, WK, dan H.

“Para guru pendamping masih menjalani pemeriksaan,” kata Retno.@obi