LENSAINDONESIA.COM: Proses Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Kota Surabaya oleh Komisi Pemilihan Umum tuntas, Rabu (16/12/2015) sore.

Hasil rekapitulasi, pasangan calon Walikota-Wakil Walikota nomor urut 1 Rasiyo-Lucy Kurniasari mendapatkan 141.324 (13,66%) suara. Sedang pasangan incumbent nomor urut 2 Tri Rismamaharini-Whisnu Sakti Buana meraih 893.087 (86,34%) suara. Total suara sah 1.034.411 (100%).

“Proses rekapitulasi suara sudah selesai dan hasilnya tidak jauh berbeda. Paslon nomor dua Risma-Whisnu unggul suara. Selanjutnya ada jeda waktu tiga kali 24 jam apakah ada gugatan sebelum ditetapkan resmi pada hari keempat,” kata Komisioner KPU Surabaya Bidang Data, Nurul Amalia.

Sementara itu, dengan hasil ini tim Pemenangan Risma-Whisnu menyampaikan terima kasih terhadap warga Kota Pahlawan yang kembali mempercayakan kepemimpinan Kota Surabaya kepada pasangan nomor urut dua.

Harapan dan kepercayaan rakyat ini dibuktikan dari jumlah perolehan suara untuk pasangan Risma-Whisnu, hasil rekapitulasi pilkada oleh KPU Surabaya.

Jubir Tim Kampanye Didik Prasetiyono mengatakan, kemenangan pasangan incumbent ini bukanlah kemenangan Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana, atau juga kemenangan PDI Perjuangan semata.

“Ini adalah kemenangan seluruh rakyat Surabaya, untuk kemajuan Kota Pahlawan. Untuk itu, PDI Perjuangan sebagai partai pengusung juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” kata Didik Prasetiyono, usai acara rekapitulasi suara tingkat KPU Kota Surabaya.@wan