Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE JATIM RAYA

Pemkot jamin tarif Kebun Binatang Surabaya tak naik tahun depan 

LENSAINDONESIA.COM: Pemkot Surabaya memastikan tahun 2016 tarif tiket masuk ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) tidak mengalami kenaikan. Saat ini, tarif tiket masuk kebun binatang yang dikelola BUMD Pemkot Surabaya, yakni Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) sebesar Rp 15.000.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kota (Sekkota) Surabaya, Hendro Gunawan. Mantan kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini meminta PDTS Kebun Binatang Surabaya mampu menggali pendapatan di luar pendapatan utama.

Menurutnya selama ini 90% lebih pendapatan Kebun Binatang Surabaya berasal dari penjualan tiket masuk. PDTS KBS harus memiliki program-program yang bisa melibatkan perusahaan lain untuk membantu operasional KBS.

“Salah satunya program sahabat satwa. Program ini adalah ada perusahaan yang ikut memberi makan atau membiayai pakan satwa. Ini yang harus dioptimalkan,” katanya.

Tahun lalu, kerugian Kebun Binatang Surabaya akibat membengkaknya beban biaya operasional yang mencapai Rp 770 juta. Tahun ini diperkirakan naik menjadi Rp 1 miliar. Kenaikan beban biaya operasional ini akibat kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) dan juga biaya-biaya lainnya.

“Kami sudah bicara dengan Direksi KBS soal kenaikan tarif tiket masuk. Kami minta itu tidak dinaikkan. Sebab pada prinsipnya KBS ini kan sebagai pelayanan publik dalam hal edukasi tentang satwa sekaligus sarana rekreasi yang murah bagi warga Surabaya,” terangnya.

Saat ini, selain Indosat sudah ada sekitar 11 perusahaan lagi yang berencana memberikan donasinya ke Kebun Binatang Surabaya dalam program sahabat satwa. Diantaranya PT Sinar Galaxy dan PT Ciputra. “Saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang memberi bantuan ke KBS, baik dalam bentuk barang ataupun uang. Perusahaan itu seperti PT Telkomsel, PT Pelindo III, PT Bank Mandiri dan perusahaan es krim Walls,” terangnya.

Baca Juga:  Menpora direncanakan hadiri lokakarnya 'Mencari Desain Pembinaan Pasca Rasionalisasi PON 2020'

Saat ini, sejumlah perusahaan swasta atapun BUMN yang ikut dalam program sahabat satwa adalah PT Pelindo III, PT Indosat, PT Sinar Galaxy,PT Ciputra, PT Telkomsel, PT Bank Mandiri dan perusahaan es krim Walls.

Untuk Indosat yang berubah menjadi Indosat Ooredoo, sepakat mengadopsi dua ekor satwa beruang madu. Operator selular mengucurkan dananya melalui CSR senilai Rp100 juta. Selain mengadopsi beruang madu, dana tersebut juga untuk bantuan pengembangan infrastruktur.

“Kami akan memberikan satwa pakan dengan standar nutrisi yang terjaga, akses pada perawatan medis dan kesejahteraan yang berlandaskan kaidah-kaidah konservasi,” ujar Head of Region East Java Bali Nusra Indosat Ooredoo,Wasis Sulaiman.@iwan