LENSAINDONESIA.COM: Kepolisian Resort (Polres) Ponorogo melakukan penyisiran di sejumlah swalayan dan pusat-pusat perbelanjaan modern untuk menjamin keamanan saat perayaan malam Tahun Baru 2016, Kamis (31/12/2015).

Sejumlah supermarket besar yang menjadi perhatian diantaranya yaitu Ponorogo City Center (PCC), Luwes, Ponorogo Permai, Keraton serta sejumlah swalayan yang diperkirakan pada malam pergantian tahun baru nanti banyak dikunjungi dan tempat berkumpulnya masyarakat Ponorogo.

“Konsentarsi kita yaitu pusat-pusat keramaian masyarakat, intinya kita menghimbau kepada pengelola tempat-tempat keramaian masyarakat untuk bersama-sama dengan kita melakukan langkah-langkah preventif,” ucap Kapolres Ponorogo, AKBP Ricky Purnama saat di pusat perbelanjaan modern Ponorogo City Center.

Kapolres yang turut terjun langsung memimpin dalam melakukan pengecekan, menghimbau kepada semua pengelola tempat-tempat keramaian untuk meningkatkan kewaspadaan dengan tidak mengurangi kenyamanan pengunjung.

“Bagi pengunjung yang dianggap berpotensi untuk dilakukan pengecekan, ya kita sarankan kepada petugas keamanan lokal untuk melakukan pengecekan. Jadi masyarakat yang mengunjungi tempat tempat keramaian juga merasa lebih nyaman,” tegasnya.

Ditambahkanya, dalam beberapa waktu terakhir ini telah diamankanya pelaku yang diduga sebagai terorisme, seperti di Solo, Jateng, Ia pun tidak mau kecolongan, karena wilayah Ponorogo yang tidak terlalu jauh dengan Kota Solo.

“Solo kan tidak terlalu jauh dengan Ponorogo, sehingga kita mengajak para petugas keamanan untuk meningkatkan keamanan ini,” urainya.

Dalam pengamanan pergantian tahun baru ini, pihak Polres Ponorogo menerjunkan sekitar 500 personil yang berasal dari berbagai unsur dan kesatuan diantaranya dari anggota Polres, Kodim 0802, Dishub, pemadam kebakaran dan ormas-ormas yang ada di Ponorogo.

“Kita menurunkan hampir lima ratusan peronil untuk pengamanan ini, yang mana diawali dengan apel konsolidasi di halaman Mapolres nanti pukul 17.00, dan selesai itu langsung petugas menempati pos-pos masing-masing untuk melakukan pengamanan,” terangnya.@arso