Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    

JK tegur keras Nurdin Halid yang sebut putusan MPG ilegal 

LENSAINDONESIA.COM: Langkah pembentukan tim transisi yang diketuai Jusuf Kalla mendapat protes dari kubu Aburizal Bakrie, Nurdin Halid. Dikatakannya, putusan Mahkamah Partai Golkar (MPG) yang memutuskan adanya tim transisi, adalah ilegal.

Hal ini mendapat teguran keras dari Jusuf Kalla. Menurutnya, persetujuannya untuk ikut ke dalam masalah Golkar adalah agar partai berlambang Pohon Beringin kembali bersatu.

“Pikiran para senior cuma satu, masa depan Golkar. Golkar jangan dianggap ada satu dua orang yang memiliki Golkar,” ujar JK dengan suara keras di kediamannya di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (17/1/2016).

JK menegaskan dirinya anggota tim transisi bukan berarti menjadi pengurus Golkar atau mengendalikan partai yang besar di zaman Orde Baru itu. Melainkan ingin menciptakan kehidupan yang demokratis di tubuh Golkar itu sendiri.

“Golkar itu milik bersama karena itu Golkar harus diselamatkan dengan cara persatuan yang baik. Dengan cara aapun harus bersatu,” tambahnya.

Sebelumnya, Nurdin menyatakan MPG tak punya kewenangan membentuk tim transisi, dimana dalam UU Parpol kewenangan MPG hanya menyelesaikan perselisihan sengketa kepengurusan, bukan memecat anggota. Dikatakannya Aburizal Bakrie tetap akan menolak keberadaan tim senior di dalam tim karena dianggap inkonstitusional.

MP Golkar membentuk tim transisi untuk mengatasi konflik internal dengan menunjuk BJ Habibie sebagai pelindung, sedangkan JK menjadi ketuanya. Anggota dari tim transisi adalah Ginandjar Kartasasmita, Emil Salim, Abdul Latief, Siswono Yudo Husodo, Akbar Tandung, Aburizal Bakrie, Agung Laksono, Theo Sambuaga, dan Sumarsono. Tim transisi diberi batas waktu menggelar Munas paling lambat bulan Maret 2016. @licom