LENSAINDONESIA.COM: Freeport sudah menunjuk Robert C Schroeder untuk sementara menjabat sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia menggantikan Maroef Sjamsoeddin yang mengundurkan diri.

Presiden dan CEO Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc Richard C Adkerson dalam pengumuman internal kepada karyawan Freeport Indonesia yang diperoleh di Jakarta, Senin mengatakan, pihaknya masih memproses pengganti Maroef sebagai Presdir Freeport Indonesia yang baru.

“Untuk sementara, Robert Schroeder akan menjalankan tanggung jawab manajemen Pak Maroef,” sebutnya.

Juru Bicara Freeport Indonesia Riza Pratama saat dikonfirmasi enggan menjawab perihal penunjukkan Schroeder yang kini menjabat salah satu Direktur Freeport Indonesia tersebut.

“Tunggu saja,” jawabnya singkat.

Dalam pesan tertanggal 18 Januari 2016 itu, Adkerson juga mengatakan, Maroef telah menyampaikan pengunduran dirinya karena alasan pribadi dan perusahaan sudah menerima pengunduran tersebut.

Dalam suratnya kepada seluruh karyawan Freeport Indonesia tertanggal 18 Januari 2016, Maroef menyampaikan bahwa masa kontrak kerjanya selama setahun sebagai Presdir Freeport Indonesia sudah berakhir.

Namun, tawaran perpanjangan dari pimpinan Freeport McMoRan, selaku induk usaha Freeport Indonesia, ditolak Maroef. “Saya telah berkirim surat pengunduran diri sebagai Presdir Freeport Indoesia (kepada pimpinan Freeport McMoRan),” tulisnya.

Maroef juga mengucapkan terima kasih kepada PT Freeport Indonesia atas kesempatan yang diberikan kepadanya.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik dari semua pihak baik yang terkait langsung maupun tidak langsung,” tulis Maroef.

Maroef menjabat Presdir Freeport Indonesia sejak awal Januari 2015. Ia merupakan Presdir Freeport Indonesia berlatar belakang militer dengan pangkat terakhir Marsekal Muda (Purn) TNI AU. @licom