Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Acer dan Microsoft dorong pertumbuhan bisnis UMKM Jatim
Seremonial Acer dan Microsoft galang kerja sama mendorong UMKM Jawa TImur di Surabaya, Selasa (15/03/2016).
Bisnis

Acer dan Microsoft dorong pertumbuhan bisnis UMKM Jatim 

LENSAINDONESIA.COM: Acer bekerja sama dengan Microsoft mendorong peningkatan UMKM melalui edukasi pemanfaatan teknologi informasi (TI) serta menumbuhkan bisnis usaha dengan menghadirkan platform teknologi Windows 10 Pro dan perangkat notebook 2-in-1 multifungsi.

“Di era serba digital ini, TI berperan membantu pelaku UMKM melakukan tranformasi bisnis secara cepat, tepat dan efisien. Di sisi spesifikasi, dari dukungan Windows 10, beberapa notebook 2-in-1 yang kami miliki memungkinkan pengguna selalu terhubung dengan cloud dan internet, tingkat keamanan tinggi, memangkas biaya usaha,” ujar Riko Gunawan, Head of Product Acer Indonesia, Selasa (15/03/2016).

Riko menambahkan, hal ini akan mendorong sistem kerja kolaboratif yang mampu membantu UMKM guna percepat pertumbuhan bisnis hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Tantangan UMKM yang mulai eksis justru terletak pada pemasaran produknya, meningkatkan omzet, daya saing usaha dan memperluas pasar. Peran TI, bukan saja sebagai tool untuk mencatat penjualan, menyimpan data pelanggan, atau terhubung dengan media sosial saja, namun lebih dari bagaimana membantu meningkatkan kinerja,” tandas Riko.

Di kesempatan yang sama, Linda Dwiyanti, Windows Business Group Lead, Microsoft Indonesia mengatakan, pertumbuhan UKM di Indonesia kini meningkat pesat serta berkontribusi ekonomi signifikan bagi negara. Riset menyatakan, mayoritas UKM di Indonesia mengusung gaya kerja mobile, sehingga kebutuhan terhadap perangkat yang mendukung motif kerja demikian meningkat pesat.

“Di Microsoft, kami memahami apa yang menjadi pertimbangan bisnis, termasuk UKM saat memilih perangkat yang sesuai. Dengan Acer dan mitra lainnya, kami menggelar Microsoft Device Days, sebuah aksi sosialisasi bagi 100 retailers Microsoft di dua kota di Indonesia, Jakarta dan Surabaya sehingga pelaku UMKM melihat dan merasakan langsung manfaat dari perangkat-perangkat Windows 10 tersebut.”

Baca Juga:  Halal Institute: Persoalan tarif, Kenapa KMA 982 beri wewenang tunggal ke MUI?

Menurut catatan Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur (2015), jumlah UKM di Jawa Timur kini mencapai 6.852.931 unit dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 11.117.439. Dari jumlah tersebut usaha mikro mendominasi sebanyak 6.533.694 atau sebanyak 95,72 persen, dengan hampir separuh lebih mengusung gaya kerja mobile.@Eld-Licom