Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Timor Leste bergolak! Sengketa minyak di perbatasan dengan Australia
Ribuan warga Timor Leste memblokade kedutaan besar Australia di Dili untuk menuntut perbatasan baru di Laut Timor yang kaya minyak, Rabu (23/03/2016) Foto: Getty Image
ASIA

Timor Leste bergolak! Sengketa minyak di perbatasan dengan Australia 

LENSAINDONESIA.COM: Timor Leste bergolak. Hal ini terjadi unjuk rasa besar-besaran warga di Dili, Rabu (23/03/2016) kemarin. Warga Timor Leste menunut perundingan ulang dengan Australia soal perbatasan baru di Laut Timor yang kaya minyak.

Dalam unjuk rasa tersebut, sedikitnya, 10 ribu warga memblokade kantor kedutaan besar Australia di Dili.

Diketahui, di dalam Traktat (perjanjian) yang ditandatangani oleh Australia dan Timor Leste pada 2006 menyepakati penyewaan dengan nilai miliaran dolar dari ladang minyak dan gas di laut antara dua negara tetangga tersebut.

Saat ini pihak Dili mengatakan bahwa Canberra melakukan aksi memata-mata dalam negosiasi ini dan memberikan Australia keuntungan komersil yang tak adil.

Dili ingin agar kesepakatan tersebut dihapuskan dan ada negosiasi perbatasan laut yang baru.

Klaim pun dibuat di hadapan tribunal di Den Haag dan mengatakan bahwa Badan Intelijen Rahasia Australia, Asis, menggunakan alat penyadap yang ditaruh di kantor kabinet Timor Leste dengan berkedok perbaikan, untuk memperoleh informasi tentang perjanjian gas di Laut Timor pada 2004.

Lebih dari 10.000 aktivis berkumpul di Dili pada Selasa dan sekolah-sekolah tutup di ibu kota pada hari itu, menurut koordinator aksi.

“Kemungkinan ini adalah demonstrasi terbesar yang kami lihat sejak mengumumkan kemerdekaan,” kata koordinator aksi Juvinal Dias pada AFP.

Pendukung Timor di Australia, Indonesia, Malaysia dan Filipina kemungkinan berkumpul untuk mengadakan aksi solidaritas.@LI-13

Baca Juga:  Ikatan Keluarga Madura dukung sejumah tokoh maju Pilkada Surabaya 2020