LENSAINDONESIA.COM : Aktor Hollywood peraih piala Oscar, Leonardo DiCaprio dikabarkan tengah berkunjung ke Pulau Sumatera, tepatnya mengunjungi Aceh. Dia bertandang ke Taman Nasional Gunung Leuser untuk melihat langsung keanekaragaman hayati di Stasiun Penelitian Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara.

Lewat akun Twitter-nya @LeoDiCaprio, ia memposting fotonya tengah berada di TN Gunung Leuser dengan latar belakang dua ekor gajah. Leo mengenakan kaos berwarna tosca, celana hitam, berkacamata hitam dan mengenakan topi terbalik.

Dalam cuitannya itu ia juga menyertakan link petisi online tentang permintaan untuk menyelamatkan ekosistem di TN Gunung Leuser.

“Stand with @haka_sumatra to #SaveLeuserEcosystem: http://chn.ge/1pSAiiv,” katanya, Selasa (29/3/2016).

Dalam akun instagram-nya, DiCaprio menuliskan jika eksosistem Leuser merupakan yang terbaik terutama bagi habitat yang terancam seperti gajah Sumatera. Dia pun menyorot mengenai perkebunan kelapa sawit di taman nasional telah mengganggu proses migrasi dan mengganggu upaya gajah mencari makanan dan air yang memadai.

“Yayasan Leonardo DiCaprio mendukung partner lokal untuk menjaga kelestarian hewan langka di ekosistem Leuser, tempat terakhir di bumi dimana Orangutan Sumatera, Harimau Sumatera, Badak Sumatera dan Gajah Sumatera hidup bersama di alam liar,” tulisnya.

Rupanya, Leo, yang menyebut dirinya sebagai aktor dan “environmentalist” itu sudah lama menaruh perhatian pada wilayah Sumatera.

Seminggu lalu, dia me-retweet sebuah artikel dari The Guardian yang menyebut kemunculan badak Sumatera langka yang baru saja terlihat setelah 40 tahun terakhir.

Selain itu, Leo pernah mencuit soal penyelamatan ekosistem Leuser: “Save #leuserecosystem & protect human rights, climate & rain forests. Thx @haka_sumatra @orangutancentre @RAN #COP21”.

Beberapa media lokal mengabarkan kedatangan Leonardo ke Indonesia untuk melihat kemajuan program di Aceh Timur, Minggu (27/3/2016) lalu. Dia dikabarkan mengunjungi Stasiun Penelitian Orangutan Sumatera tertua dan melihat Orangutan Sumatera secara langsung di habitatnya yang berada di Taman Nasional Gunung Leuser.@licom