Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Ratusan Kepala desa (Kades) dan ribuan ketua RT di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dipastikan akan ‘pesta’ rezeki halal dari uang rakyat. Pasalnya, awal April ini, mereka menerima uang honor selama tiga bulan atau terhitung sejak Februari sampai Maret 2016.

Menurut Norman Nugraha, Kepala Bidang (Kabid) Anggran Dinas Pendapatan, Keuangan dan Anggaran Daerah (DPKAD) Kabupaten Purwakarta, total uang honor yang akan dibayarkan sebesar Rp 108 miliar. “Honor tersebut akan dibayarkan kepada para kepala desa hingga RT,” jelas Norman di Purwakarta, Selasa (29/3/2016).

Dari total sebesar itu, lanjutnya, untuk Kades mendapat honor Rp4 juta per-bulan, para ketua RT Rp600 ribu dari sebelumnya Rp500 ribu dan gaji ketua RW 700 ribu dari sebelumnya Rp600 ribu. “Untuk pembayarannya akan disekaliguskan pada April nanti karena dana bagi hasil dicairkan pada awal April nanti,” kata dia.

Ditambahkan Norman, dana bagi hasil (DBH) sendiri merupakan dana yang bersumber dari Anggaran Pengeluaran dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan kepada daerah berdasarkan angka persentase untuk mendanai kebutuhan daerah.

DBH juga dibagikan ke daerah berdasarkan potensi daerah penghasil yang bersumber misalnya dari PBB, BPHTB, PPH 25, 21 dan 29. Selain itu, DBH juga bisa berasal dari sumber daya alam seperti kehutanan, pertambangan umum, perikanan, pertambangan minyak bumi, gas dan panas bumi, pungkas Norman. @ronny