LENSAINDONESIA.COM: Ketua Umum Aburizal Bakrie menyatakan Partai Golkar akan segera menggelar musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) di Bali pada Mei 2016 mendatang.

Ia menyatakan hal ini dalam pembukaan Musda IX DPD Partai Golkar Jatim di Hotel Singgasana Surabaya, Minggu (17/04/2016).

Ical (sapaan akrabnya) mengaku bersyukur karena partainya yang sempat terpecah menjadi dua kubu, akhirnya bisa kembali bersatu dan tak melahirkan partai baru.

“Kita akan mengadakan Munaslub pada Mei 2016. Pilihannya antara tanggal 25 Mei itu Selasa Legi atau 27 Mei Jumat Pon. Kita menyesuaikan agenda Presiden Jokowi. Setahun ini memang terjadi gonjang ganjing tapi saya bersyukur ini tidak menimbulkan partai baru yang pada akhirnya kita bergabung bersama untuk membesarkan partai,” ujarnya tadi.

Ia menginginkan calon ketum pengganti dirinya nanti bisa merangkul semua kader serta usiannya jauh lebih muda dibawahnya. Tak hanya itu, calon ketum juga dituntut punya visi misi yang baik untuk bisa memimpin dan membawa Partai Golkar lebih baik ke depannya.

“Saya harapkan ketum nantinya punya pemikiran ke depan yang bagus. Tentunya yang akan datang harus jauh lebih muda dari saya. Tahun ini umur saya sudah masuk 70 tahun,” tegasnya.

Meski demikan, Ical menegaskan saat Munaslub nanti tidak harus langsung memilih ketum. Ia menginginkan harus menghasilkan sekolah partai untuk para kadernya. Sekolah partai tersebut harus serius dan kurikulum serta silabusnya bisa dibuatakan pada Munas nanti.

“Saya ingin calon ketua umum nanti berkualitas. Jadi harus sekolah partai dulu, barulah setelah itu kita akan memilih ketum baru,” tambah Ical.

Partainya juga mewacanakan para calon ketua umum akan diuji lewat debat publik yang bakal ditayangkan di sejumlah stasiun televisi. Hal ini dinilai penting untuk bisa mengetahui visi dan misi setiap calon untuk memimpin Partai Golkar lima tahun ke depan.@sarifa