Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Di London, Presiden Jokowi sampaikan komitmen reformasi perekonomian
Presiden Joko Widodo bertemu delegasi pimpinan lembaga keuangan internasional di Grosvenor House, London, Inggris, Selasa (20/4/ 2016). @ist
HEADLINE UTAMA

Di London, Presiden Jokowi sampaikan komitmen reformasi perekonomian 

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo di depan delegasi pimpinan lembaga keuangan internasional di Grosvenor House, London, Inggris, menyatakan Indonesia memanfaatkan peluang situasi pelemahan perekonomian yang terjadi secara global. Merespon peluang itu, Indonesia terus menerus melakukan reformasi perekonomian.

“Pelemahan yang terjadi justru menjadi peluang bagi kami untuk melakukan reformasi ekonomi. Memang ada yang setuju, dan tidak sedikit yang menolaknya. Tapi, kami tegaskan bahwa reformasi harus berjalan dan terus berjalan,” kata Jokowi dalam sambutan bertemu pimpinan lembaga keuangan internasional, Selasa (20/4/2016) seperti dalam siaran pers di Jakarta.

Indonesia diakui Jokowi, seperti negara-negara lain di dunia yang juga terkena dampak global. Tiongkok, misalnya, tengah mengalami transisi ekonomi. Di Eropa pun tengah menghadapi isu keamanan dan sosial. Jokowi juga mengingatkan, kondisi ekonomi dunia yang kini melemah, dan berpengaruh pada ekspor banyak negara.

Upaya Indonesia untuk terus melakukan reformasi perekomian, lanjut Jokowi, diprioritaskan keterbukaan dan kompetisi. “Kami harus terbuka dan tidak mungkin lagi menjadi tertutup,” tegas Jokowi.

Jokowi berpandangan dengan kompetisi dapat membawa perbaikan dan menuju kondisi yang lebih baik. Presiden RI ini menyontohkan sektor penerbangan Indonesia, awalnya hanya ada 3 maskapai penerbangan. Setelah terbuka, kini Indonesia memiliki 70 maskapai penerbangan. Jokowi juga menegaskan, iklim kompetisi yang sangat ketat membuat Garuda mengalami dua kali lolos dari ancaman bangkrut.

Dampak persaingan sangat ketat, lanjut Jokowi, industri penerbangan Indonesia, kini tumbuh tiga kali lipat. “Tiket menjadi lebih murah dan masyarakat memiliki banyak pilihan penerbangan. Garuda berhasil bangkit dan kini telah menjadi satu dari tujuh maskapai penerbangan terbaik dunia dan diberi lima bintang,” kata Jokowi.

Presiden yang mengawali karier sebagai penguasaha meubel ini, mengungkapkan, iklim kompetisi juga terjadi sektor perbankan, stasiun pengisian bahan bakar dan bioskop. “Sekarang, kami melakukan deregulasi dan membuka banyak sektor,” kata Jokowi.

Baca Juga:  Menelusuri fakta-fakta tempat lahir Bung Karno di Ploso Jombang

Terpisah, Menteri Keuangan Bambang Brojonegoro menjelaskan pertemuan Presiden Jokowi dengan delegasi lembaga keuangan internasinal ini diharapkan dapat membuat para investor di London mendengarkan langsung visi dari presiden dan komitmen
Pemerintah Indonesia dalam menjaga stabilitas perekonomian di Indonesia, dan terus berupaya menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

“Yang ingin kita capai adalah agar mereka selalu percaya kepada kinerja ekonomi Indonesia dan selalu percaya pada arah pengelolaan ekonomi di bawah pemerintahan Presiden Jokowi,” kata Bambang.

Delegasi lembaga keuangan internasional yang hadir antara lain: Goldman Sachs, Fitch Ratings dan London Stock Exchange Group, JP Morgan Asset Management, Schroder. @pr