LENSAINDONESIA.COM: Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama ikut bersedih atas kematian mendadak legenda pop Prince. Obama menilai Prince sebagai ikon kreatif dengan semangat kuat.

“Hari ini, dunia kehilangan ikon kreatif,” kata Obama.

“Saya dan Michelle bersama dengan jutaan fans dari seluruh dunia berduka atas kematian mendadak Prince.”

Menurutnya hanya sedikit artis yang bisa memberi pengaruh suara dan lintasan musik populer secara nyata. “Dia [Prince] adalah seorang ahli pemain alat musik, seorang pemimpin band brilian dan seorang penampil yang menggemparkan.”

Tahun lalu, Prince tampil dalam sebuah pesta rahasia di Gedung Putih. Selain Prince juga tampil Stevie Wonder.

Rocker gaek Mick Jagger tak kalah sedih dan mengaku kehilangan seorang seniman besar.

“Prince adalah seorang seniman revolusioner, seorang musisi hebat,” cuit Jagger di akun Twitter miliknya @MickJagger.

Prince ditemukan pingsan pada Kamis pagi di Paisley Park Studio Chanhassen, Minnesota, kata Carver County Sheriff Jim Olson. Paramedis mencoba membantunya namun diketahui Prince telah meninggal dunia di usia 57 tahun.

Yvette Noel-Schure, humas Prince, mengatakan hingga kini belum diketahui penyebab kematian kliennya. Pekan lalu, almarhum, kata dia, memang sempat mengalami flu berat.

Tak ingin terlihat limbung, penyanyi yang dalam lima dekade terus menghasilkan musik itu bergoyang di lantai dansa di Paisley Park, pada Sabtu lalu (16/4). Ia ingin penggemar melihatnya dalam keadaan baik-baik saja.

Prince dikenal sebagai penyanyi yang inovatif serta penulis lagu yang berpengaruh di Amerika Serikat karena musiknya menggabungkan nuansa jazz, funk, dan disko.

Lagunya yang mendunia termasuk “Raspberry Beret” dan “Little Red Corvette.”

Ia menjual 100 juta rekaman selama kariernya, memenangkan tujuh penghargaan Grammy, dan masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2004.

Pemilik nama asli Prince Rogers Nelson ini lahir di Minneapolis pada 7 Juni 1958. Lagu pertamanya ditulis ketika berusia 7 tahun. Selain menyanyi dan menulis lagu, Prince piawai memainkan beberapa instrumen, termasuk gitar, keyboard dan drum.@bbs/licom