Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Sudah sepekan, korban gempa Ekuador capai 646 orang
Diperkirakan butuh USD 3 miliar untuk membangun insfrastruktur Ekuador yang hancur akibat gempa 7,8 SR. (ISTIMEWA)
Amerika

Sudah sepekan, korban gempa Ekuador capai 646 orang 

Korban jiwa di Ekuador telah mencapai 646 orang sepekan setelah gempa berkekuatan 7,8 pada skala Richter mengguncang negara tersebut, kata Presiden Rafael Correa.

Jumlah tersebut amat mungkin bertambah sebab, menurut Correa, masih ada 130 orang lainnya yang hilang.

“Ini adalah hari-hari yang menyedihkan untuk Tanah Air. Negara ini dalam krisis dan merupakan sebuah tragedi nasional, namun kita akan kembali pulih,” ujar Correa dalam pidato yang disiarkan stasiun televisi.

Pada pidato itu pula, Correa mengumumkan delapan hari berkabung bagi para korban meninggal dunia yang juga mencakup warga Inggris Irlandia, Kanada, Kolombia, Kuba, dan Republik Dominika.

Menurutnya, upaya tanggap darurat berjalan cepat berkat bantuan 27 negara yang mengirimkan tim-tim penyelamat. Sebanyak 113 orang dapat diselamatkan dari antara reruntuhan puing selama sepekan terakhir.

“Ini adalah angka yang luar biasa, berkat segala upaya penyelamatan,” kata Correa.

Sejauh ini sejumlah badan kemanusiaan internasional, termasuk World Food Programme, badan PBB untuk urusan pengungsi (UNHCR), Oxfam, dan Save the Children telah mengirimkan bantuan.

Namun, dalam jangka panjang, Ekuador memerlukan setidaknya US$3 miliar untuk membangun infrastruktur yang hancur akibat gempa. Bank Dunia telah sepakat untuk meminjamkan US$150 juta. @bbc/licom

Baca Juga:  Balai Bahasa Jatim beri penghargaan pengguna bahasa media luar ruang 2019