LENSAINDONESIA.COM: Dua kandidat calon ketua umum (Caketum) Partai Golkar yakni Ade Komarudin dan Syahrul Yasin Limpo (SYL) saling beradu kampanye dihadapan elite Partai Golkar dan para kader wilayah Jawa dan Kalimantan di Surabaya, Rabu (11/5/2016).

Caketum Partai Golkar Ade Komarudin menilai partainya belum terbiasa menjadi oposisi. Pasalnya, partai berlambang pohon beringin itu terlalu lama berada di dalam kekuasaan.

“Partai ini belum terbiasa beroposisi, karena terlalu lama berkuasa. Golkar harus kembali ke cita-cita awalnya, yakni sebagai sebuah partai yang moderat, bersih, karya dan kekaryaan. Hal ini sesuai dengan Panca Karsa yang ada di dalam Partai Golkar,” ujar Ade saat memaparkan visi dan misi di sesi pertama dalam forum Debat Calon Ketua Umum Partai Golkar Zona Jawa-Kalimantan di Hotel Pullman Surabaya, Rabu (11/6/2016).

Akom (sapaan akrab Ade Komarudin) juga janji saat terpilih jadi Ketum nanti bakal melakukan rekonsiliasi dengan semua pihak, termasuk dengan semua calon ketua umum Partai Golkar. “Karena itu adalah modal utama kita, yaitu modal persatuan dan kesatuan, atau gotong-royong,” tegas dia.

Sementara Caketum Partai Golkar Syahrul Yasin Limpo menyatakan posisi Ketum Partai Golkar sebenarnya tidak terlalu penting. Sebab yang utama adalah kualitas Munaslub di Bali pada 13-15 Mei 2016 mendatang.

“Melalui Munas ini mari kita perbaiki cara pandang kita mengawal Republik ini. Mari kita jaga negara dan rakyat serta mengawal pemerintah secara kritis untuk kesejahteraan rakyat. Keterpanggilan kita semua di Munas ini bukan hanya untuk jadi Caketum, justru ini wadah rekonsiliasis dari Golkar,” tegas SYL.

Bahkan, pihaknya secara terang-terangan juga menyatakan mendukung Caketum lainnya mulai Akom dan Setnov (Setya Novanto). “Jadi pemimpin itu jangan hanya asyik cari modal, bergaya di media jadi selebritis. Di Golkar bukan seperti, Golkar harus hadir untuk menjaga nasionalisme. Saya dukung Akom jadi Ketum, saya siap mendampingi. Atau Setnov yang jadi Ketum, saya juga siap mendampingi,” imbuh Gubernur Sulsel ini.

Pantauan LICOM, hingga saat ini debat visi misi Caketum Partai Golkar terus berlangsung. Di sesi kedua ada tiga calon lainnya saling adu kampanye. Dan sesi ketiga juga dibagi lagi debat oleh tiga calon lain. Sehingga total 8 Caketum Partai Golkar ini dijadualkan bakal selesai pemaparan visi misi hingga sore nanti.

Selain Akom dan SYL, Caketum lainnya yakni Aziz Syamsuddin, Indra Bambang Utoyo, Priyo Budi Santoso, Setya Novanto, Mahyudin dan Airlangga Hartarto.@sarifa