Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
4 cara ampuh menghemat tagihan listrik
Foto-ilust,ist
tips

4 cara ampuh menghemat tagihan listrik 

LENSAINDONESIA.COM: Listrik sekarang ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Hampir seluruh bagian kegiatan di zaman modern seperti sekarang ini memerlukan energi listrik, di mulai dari kegiatan pertokoan, perkantoran, industri, rumah tangga, bahkan hingga aktivitas pribadi pun membutuhkan energi listrik.

Akan tetapi, apabila sudah berbicara mengenai tagihan listrik, sering kali membuat kita kesal. Meski kita sudah merasa sangat hemat, namun tetap saja tagihan listrik membengkak. Apabila ingin menghemat tagihan listrik, sebaiknya lakukanlah berapa hal ini. Upaya ini dapat dilakukan di manapun termasuk di tempat kerja ataupun di rumah.

4 Cara Menghemat Tagihan Listrik

1. Gunakan lampu LED

Jika ingin menghemat tagihan listrik, sebaiknya ganti lampu neon Anda dengan lampu LED. Menggunakan lampu LED jauh lebih hemat. Misalnya, lampu LED dengan daya 9.6 watt bisa menghasilkan cahaya setara dengan lampu neon berdaya 13.6 watt. Tidak hanya itu saja, lampu ini pun mempunyai daya tahan yang lebih lama. Harga lampu LED ini memang lebih mahal ketimbang lampu neon, akan tetapi apabila mencermati daya tahannya, justru lampu LED lebih murah. Perbandingan lampu LED dengan lampu neon yaitu 1:3 yang artinya setiap penggantian 1 unit lampu LED, setara dengan 3 kali penggantian lampu neon.

2. Hemat Pemakaian Lampu

Penggunaan lampu pun mesti diperhatikan apabila ingin menghemat tagihan listrik. Gunakanlah lampu hanya pada saat dibutuhkan saja. Meskipun Anda menggunakan lampu LED, apabila penggunaannya sembarang pakai tentunya percuma. Manfaatkanlah sinar matahari sebagai penerangan ketika siang hari, dan nyalakan lampu pada pukul 17.00 hingga 20.00.

  1. Gunakan AC Seperlunya

Jika rumah Anda menggunakan Air Conditioner atau AC, sebaiknya pilih AC hemat energi dan dengan fitur mampu menaikkan serta mematikan suhu secara otomatis tergantung jumlah orang yang berada di ruangan tersebut. Sangat di sayangkan bukan jika AC bekerja lebih namun di ruangan tersebut terdapat sedikit orang? Memang harga air conditioner atau AC hemat energi lebih mahal dibandingkan dengan AC biasa, namun penggunaan energi listriknya lebih kecil. Selain itu, tutup semua jendela dan pintu ketika AC sedang beroperasi, jendela atau pintu yang terbuka akan membuat kerja AC lebih berat.

Sekedar informasi, untuk membeli AC sebaiknya kunjungi www.ralali.com. Di ralali.com jual AC berkualitas, lengkap dan harganya terjangkau.

  1. Ganti TV tabung Anda

Salah satu upaya menghemat tagihan listrik yaitu dengan menggunakan TV LED. Apabila rumah Anda menggunakan TV tabung sebaiknya ganti dengan TV LED sebab jauh lebih hemat. Sebagai perbandingan, TV LED 32 inci membutuhkan daya listrik sebesar 55 watt, namun TV tabung dengan ukuran yang sama yaitu 32 inci membutuhkan lebih dari 100 watt.@ralali.com-Licom