LENSAINDONESIA.COM: Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Kadir Kading memnta agar ada aturan yang memberi hukuman keras bagi pelaku kejahatan seksual, terutama yang korbannya adalah anak-anak.

“Kami setuju hukuman keras bagi pemerkosa, apakah itu kebiri, suntik hormon, atau yang lain,” kata Sekjen PKB Abdul Kadir Karding di Kantor DPP PKB, Jakarta, Sabtu (14/5/2016).

Tujuannya agar ada efek jera yang dialami pelaku.

Ia berharap kepada semua pihak yang peduli pada isu kejahatan seksual, terutama aparat berwenang, untuk secara konsisten menangani persoalan ini.
“Penanganan harus konsisten. Jangan sewaktu menjadi isu ramai saja,” katanya.

Selain penegakan hukum, menurut Karding yang harus dilakukan untuk menekan kejahatan seksual, juga kejahatan lain, adalah penguatan keluarga, nilai-nilai agama, dan bangunan sosial.

Menurut dia, di dalam kasus ini, partai politik hendaknya juga tidak mengambil jarak. Menurut dia, parpol bisa berperan dalam penguatan regulasi, menjalankan advokasi, maupun upaya lain terkait pembangunan sosial.

“Partai harus bisa melakukan apa saja yang positif untuk bangsa ini. Jangan hanya hadir saat pemilu atau pilkada, tapi hadir dalam keseharian masyarakat,” katanya.@ana/licom