Trending News

17 Aug 2019
Mesir kerahkan robot penyelam cari kotak hitam EgyptAir MS804
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan akan mengerahkan robot penyelam untuk mencari kotak hitam EgyptAir MS804. (REUTERS)
Global

Mesir kerahkan robot penyelam cari kotak hitam EgyptAir MS804 

LENSAINDONESIA.COM: Mesir mengirimkan robot penyelam untuk mencari kotak hitam pesawat EgyptAir MS804 yang jatuh di Laut Mediterania, dengan 66 penumpang didalamnya Kamis (19/5/2016)lalu.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan kapal dan pesawat SAR telah menemukan serpihan pesawat, barang bawaan dan bagian dari bodi pesawat. Namun upaya mencari lokasi kotak hitam masih belum membuahkan hasil.

Robot penyelam itu sendiri biasanya digunakan oleh perusahaan minyak di laut lepas.

“Mereka memiliki robot yang bisa menyelam hingga 3000 meter di bawah laut,” kata Sisi dalam pidato di televisi, Senin (23/5/2016) mengutip Reuters.

“Saat ini, robot itu dipindahkan ke lokasi jatuhnya pesawat. Kami berusaha keras menyelamatkan kotak hitam.”

Pakar kecelakaan udara mengatakan tim SAR memiliki waktu 30 hari untuk mencari lokasi kotak hitam berdasarkan sinyal ping.

Pesawat EgyptAir MS 804 terbang dari Paris menuju Kairo, hilang dari radar pada Kamis (19/5/2016) di Laut Mediterania. Pesawat itu mengangkut 66 orang terdiri dari 10 kru dan 56 penumpang, termasuk 30 warga Mesir dan 15 warga Prancis.

Penyelidik Prancis menyatakan jika pesawat itu mengirim sinyal adanya asap di dalam pesawat sebelum akhirnya jatuh. Namun, sinyal tersebut tak menjelaskan penyebab asap.

“Hingga saat ini semua skenario yang ada mungkin saja terjadi,” kata Sisi menanggapi hal tersebut.

“Tapi saya memohon, saat ini penting untuk tidak membicarakan hal tersebut.”

Sisi mengatakan investigasi penyebab kecelakaan tidak akan berlangsung cepat, namun dijanjikan dilakukan secara transparan. “Ini akan membutuhkan waktu yang lama. Tapi tak seorang pun bisa menyembunyikan satu hal. Secepatnya hasilnya keluar, orang akan diinformasikan,” ujarnya. @licom

Related posts