LENSAINDONESIA.COM : Puluhan korban berjatuhan pasca menyantap hidangan soto dalam tasyakuran dan santunan anak yatim di Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang pada hari Sabtu (28/05/2016) kemarin. Hingga Senin (30/5/2016) total orang yang diduga keracunan mencapai 58 orang.

Keluarga salah satu pasien Jamingan (56) warga Desa Kayen mengaku cucu keponakannya baru masuk ke Puskesmas Bandar Kedungmulyo, kemarin malam. Itu setelah, kondisi anaknya terus memburuk kendati sudah mengikuti rawat jalan.

“Cucu saya ini langsung saya bawa ke puskesmas, dengan keluhan muntah – muntah dan diare terus menerus. Saat ini kondisinya sudah membaik, setelah mendapat perawatan medis,” ujarnya.

Dia menduga cucunya sakit setelah mengonsumsi soto di acara tersebut. Gejala yang dialami yakni diare dan badannya panas terjadi pada dini hari usai makan soto.

Kapolsek Bandarkedungmulyo, AKP Santoso membenarkan adanya pasien yang dirawat di Puskesmas Bandarkedungmulyo, Puskesmas Perak, dan poli klinik. Mereka dirawat di beberapa tempat dengan rincian di Poli klinik Aulia Desa Tinggar 7 orang, Puskesmas Perak 13 orang, Puskesmas Bandar Kedungmulyo 38 orang. Dan jumlah pasien terus bertambah mengingat banyak warga yang diundang dalam hajatan tersebut. @Obi