LENSAINDONESIA.COM: Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesucian ibadah puasa saat Ramadhan dengan saling menghormati.

Lukman Hakim mewanti-wanti agar organisasi masyarakat (Ormas) tidak main hakim sendiri dalam menindak aktivitas yang diangggap mengganggu kesucian bulan Ramadhan. “Tak perlu ada aksi sweeping menggunakan kekerasan sehingga kesucian Ramadhan bisa terjaga secara baik,” tegas Menteri Agama, Rabu (1/6/2016).

Kementerian Agama merasa belum perlu mengumpulkan Ormas-Ormas karena percaya organisasi tersebut tidak akan menggelar sweeping ke lokasi yang dinilai mengganggu ibadah puasa.

Menurutnya, selama ini pemerintah di daerah rutin melayangkan surat kepada pengusaha hiburan untuk tutup sepanjang Ramadhan. Selain itu, pengawasan tempat hiburan dan peredaran minuman keras, tetap dilakukan aparat penegak hukum. “Saya pikir mereka (Ormas) sudah memahami. Kkarena tahun lalu tidak ada sweeping, saya kira tahun ini bisa lebih baik lagi,” pungkasnya. @andiono